Text
Strategi Produk Harga Tempat Dan Promosi Pada Usaha Pentol Bos Kabul Kabupaten Sidoarjo
Kata Kunci: Strategi produk, harga tempat dan promosi, Pentol Bos Kabul.
Setiap pemilik usaha akan merancang produknya agar banyak diminati oleh
para konsumen, sehingga hal ini dibutuhkan strategi yang berbeda dengan penjual
yang lain sehingga dagangan atau produknya bisa berkembang. Untuk sampai
pada titik kesempurnaan dalam sebuah usaha maka peran pemilik usaha sangat
dibutuhkan sebagai suatu keberhasilan dalam penjualan. Dari sisi yang lain,
keberhasilan dalam penjualan pentol bos kabul menjadi booming di masyarakat
karena rasa dan varian dari penjualan sangat cocok dengan selera custumer
khususnya di daerah Sidoarjo. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menggali strategi
yang digunakan oleh pemilik usaha pentol bos kabul baik dalam hal strategi
produk, strategi harga, strategi tempat dan strategi promosi pada pentol bos kabul
sidoarjo. Kemudian dalam penelitian ini juga mempunyai dua fokus penelitian,
yaitu: Pertama, Bagaimana strategi produk harga tempat dan promosi pada
penjualan Pentol Bos Kabul Sidoarjo. Kedua, Bagaimana faktor pendukung dan
penghambat dalam penerapan strategi produk harga tempat dan promosi pada
penjualan Pentol Bos Kabul Sidoarjo.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, yaitu suatu proses
penelitian yang menghasilkan data deskripstif yang berupa kata-kata tetulis atau
berupa kata lisan dari orang yang diwawancarai dan perilaku yang diamati,
dimana data deskriptif tersebut merupakan data yang dikumpulkan berupa katakata, gambar dan bukan angka. Sedangkan pendekatan yang digunakan dalam
penelitian ini adalah pendekatan deskriptif. Sumber data yang diperoleh melalui
hasil wawancara tak terstruktur, observasi partisipasi, dan dokumentasi, dan yang
menjadi informan adalah pemilik usahapentol bos kabul, karyawan bos kabul dan
konsumen.
Hasil dari penelitian ini adalah: Pertama, strategi produk yaitu memberikan
produk yang berkualitas pada konsumen baik siap makan ataupun setengah jadi.
Strategi harga yaitu memberikan harga yang terjangkau yaitu dimulai dari harga
500 rupiah hingga 2000 rupiah. Strategi promosi yaitu dengan menggunakan
marketing yang memanfaatkan media sosial. Strategi tempat yaitu dengan
memilih tempat khalayak ramai seperti didepan alfamart ataupun indomaret.
Kedua, faktor pendukung terletak pada kualitas produk yang bagus, harga yang
terjangkau, dan pemasaran merek atau produk menggunakan media digital yang
menarik. Faktor penghambatnya yaitu harga daya saing yang sangat tinggi dengan
usaha pentol-pentol yang lain
Tidak tersedia versi lain