Text
Analisis Pemasaran Offline Dan Online Di Toko Lucky Collection Desa Sumedangan Pamekasan Di Tinjau Dari Konsep Pemasaran Syariah
Kata Kunci: Pemasaran Offline dan Online, Konsep Pemasaran Syariah
Pemasaran offline merupakan penjualan yang diantara pemasaran dan
pembeli dapat bertemu langsung di satu tempat dalam menawarkan barangnya.
Sementara pemasaran online yaitu pemasaran yang cara penjualannya melalui
media internet, artinya diantara penjual dan pembeli tidak dapat bertemu disatu
tempat untuk menawarkan barangnya. Pemasaran secara offline dan online harus
sesuai dengan konsep pemasaran syariah dalam menjalankan kegiatan jual beli
dengan berdasarkan prinsip-prinsip keadilan, kejujuran, transparansi, etika dan
moralitas.
Berdasarkan hal tersebut, maka ada dua penelitian yang menjadi kajian
pokok dalam penelitian ini, yaitu, pertama Bagaimana implementasi pemasaran
offline dan online di Toko Lucky Collection Desa Sumedangan Pamekasan.
Kedua Bagaimana tinjauan konsep pemasaran syariah terhadap implementasi
pemasaran offline dan online di Toko Lucky Collection Desa Sumedangan
Pamekasan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Sumber
data menggunakan data primer dan sekunder, data primer diperoleh melalui
observasi, wawancara dan dokumentasi, informannya Pemilik/owner,
karyawan,dan pelanggan, sementara data sekunder diperoleh dari buku,jurnal dan
website. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui triangulasi
sumber.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: pertama menerapkan marketing
mix 4P yaitu memberikan produk yang berkualitas, harga terjangkau, lokasi yang
strategis dipinggir jalan raya, serta promosi pemasaran offline toko Lucky
Collection Pamekasan dengan pemasangan logo di depan toko, rekomendasi dari
mulut ke mulut, mengikuti beberapa bazar, dan pemasaran langsung di toko
dengan memajang, menata produk yang dijual dengan baik. Sementara, penerapan
pemasaran secara online, toko Lucky Collection menampilkan foto dan video di
media sosial seperti whatsapp, instagram, dan tiktok, menggunakan jasa
influencer, dan pengiriman sampai keluar kota seperti Surabaya, Kediri, Jakarta
dan Malang. Kedua,pemasaran offline dan online toko Lucky Collection
Pamekasan sudah sesuai dengan prinsip-prinsip pemasaran syariah sepeti
memprioritaskan kewajiban seorang muslim, kejujuran dan transparan dalam
bertransaksi, pelayanan yang terbaik, adil dalam melayani dan penepatan harga,
amanah dalam pengiriman produk dan bertanggung jawab atas kebijakan yang
disepakati serta tidak berburuk sangka sesama manusia
Tidak tersedia versi lain