Text
Pengaruh Penggunaan Fitur PayLater dan Tagline “Gratis Ongkir” Terhadap Keputusan Pembelian Di Shopee Pada Mahasiswa FEBI IAIN Madura
Kata Kunci: PayLater, Tagline “Gratis Ongkir”, Keputusan Pembelian
E-commerce menciptakan sebuah pergeseran perilaku konsumen dalam berbelanja dari
semula offline, kini konsumen memiliki pilihan untuk berbelanja secara online. Shopee
merupakan perusahaan e-commerce sebagai sarana jual beli online yang menyediakan berbagai
produk untuk menunjang aktivitas sehari-hari. Sehingga Shopee pun bisa menjadi marketplace
terbesar di indonesia ini karena beragamnya cara Shopee untuk mempromosikan marketplace
tersebut. Dalam menentukan keputusan pembelian konsumen akan dihadapkan dengan beberapa
faktor yang mempengaruhi pengambilan keputusan. Diantaranya adalah keputusan pembelian
dipengaruhi oleh Manajemen Pemasaran. Pihak Shopee memasarkan diri dengan PayLater dan
Tagline “Gratis Ongkir”. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh fitur PayLater dan
Tagline “Gratis Ongkir” terhadap keputusan pembelian Mahasiswa FEBI IAIN Madura.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Sumber data yang diperoleh melalui
google form yang berbentuk kuesioner. Sampel dalam penelitian ini adalah 104 responden
mahasiswa FEBI IAIN Madura. Dengan metode pemilihan sampel purposive sampling.
Pengujian statistik dalam penelitian ini menggunakan uji kualitas data (uji validitas dan uji
reliabilitas), uji asumsi klasik (uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, uji autokorelasi, uji
normalitas), dan uji hipotesis (uji t dan uji f)
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial PayLater berpengaruh secara
signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai thitung sebesar 8.389 > ttabel sebesar 1.98350.
Begitupula variabel Tagline “Gratis Ongkir” secara parsial juga berpengaruh secara signifikan
dengan nilai thitung sebesar 5.978 > ttabel 1.98350. Secara simultan PayLater, dan Tagline “Gratis
Ongkir” berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai Fhitung sebesar
127.866 > Ftabel sebesar 3.09. Dan signifikansi 0,000 < α = 0,05. Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa 71,7% keputusan pembelian Shopee pada Mahasiswa IAIN Madura,
dipengaruhi oleh PayLater, dan Tagline “Gratis Ongkir” dengan nilai R square sebesar 0,717
Tidak tersedia versi lain