Text
Implementasi Etika Bisnis Islam Pada Pedagang Buah di Pasar Indah Tretes Kabupaten Pasuruan
Kata Kunci : Implementasi, Etika Bisnis Islam, Pedagang, Pasar
Pasar Indah Tretes adalah pasar buah yang ada di Kabupaten Pasuruan tepatnya pada
Kecamatan Prigen. Pasar ini merupakan pasar buah yang letaknya cukup strategis karena berada
pada lokasi wisata yang sangat di kenal oleh masyarakat sekitar maupun pelancong dari berbagai
daerah bahkan turis negara asing yang sedang berkunjung. Pasar Indah Tretes ini memiliki
keunikan dibanding pasar yang lain, dimana pedagangnya mayoritas adalah muslim namun
pembelinya adalah non-muslim.
Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) mengetahui pandangan pedagang tentang etika
bisnis Islam di Pasar Indah Tretes; (2) mengetahui implementasi etika bisnis Islam pada
pedagang buah di Pasar Indah Tretes; dan (3) mengetahui faktor pendukung dan penghambat
dari implementasi etika bisnis Islam di Pasar Indah Tretes. Penelitian ini merupakan penelitian
deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan
dokumentasi. Analisis data dengan menggunakan teknik reduksi, menyajikan data dan penarikan
kesimpulan. Data yang diperoleh di cek keabsahan datanya dengan triangulasi sumber dan
metode.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Pandangan pedagang tentang etika bisnis
Islam di Pasar Indah Tretes belum secara maksimal dipahami oleh para pedagang di Pasar Indah
Tretes. (2) Berdasarkan hasil observasi dan wawancara yang diperoleh dari para pedagang dan
pembeli di pasar Indah Tretes jika ditinjau dari ke-lima prinsip-prinsip etika bisnis Islam yang
dijadikan tolak ukur, penerapan etika bisnis Islam di Pasar Indah Tretes belum diterapkan dengan
baik oleh para pedagang sebab hanya prinsip tauhid dan prinsip tanggung jawab saja yang sudah
diterapkan dengan baik. Sedangkan prinsip keadilan, prinsip kehendak bebas, dan prinsip
kebenaran belum diterapkan secara maksimal oleh pedagang di Pasar Indah Tretes. (3) faktor
pendukung dari implementasi etika bisnis Islam di Pasar Indah Tretes antara lain lokasi Pasar
Indah Tretes yang strategis, potensi pertanian dan perkebunan di Tretes, dan masyarakat yang
berprofesi sebagai pedagang mayoritas beragama Islam. Sedangkan faktor penghambatnya antara
lain rendahnya kepercayaan masyarakat tentang penerapan prinsip etika bisnis Islam sebab
banyak diantara mereka yang beropini bahwa agama adalah unsur ibadah dan usaha adalah unsur
pekerjaan. Hal ini juga dipengaruhi oleh banyaknya pelanggan/pembeli di Pasar Indah Tretes
yang beragama non-Islam, sehingga membutuhkan waktu yang cukup lama dan proses yang
tidak mudah untuk memberikan pemahaman dalam penerapan etika bisnis Islam di Pasar Indah
Tretes
Tidak tersedia versi lain