Text
Strategi Promosi dalam Meningkatkan Penjualan Pada Toko Dolphin Desa Pegantenan, Kecamatan Pegantenan Kabupaten Pamekasan Perspektif Ekonomi Islam
Kata Kunci: Strategi Promosi, Perspektif Ekonomi Islam
Toko Dolphin merupakan salah satu toko busana dan aksesoris yang ada di kota Pamekasan,
tepatnya di Desa Pagantenan. Toko Dolphin ini memiliki . Startegi promosi islami yang cukup
menarik untuk diteliti Dalam laporan keungannya pun toko Dolphin ini mengalami peningkatan
penjualan. Dari karakteristik pemasaran islami inilah terdapat beberapa pertanyaan. Oleh karena
itu, yang menjadi masalah strategi promosi islami yang bagaimana yang diterapkan di Toko
Dolphin dalam meningkatkan penjualan. Dalam penelitian ini, diantaranya: adalah (1). mengetahui
strategi promosi dalam meningkatkan penjualan di Toko Dolphin Desa Pegantenan, perspektif
ekonomi islam. (2). mengetahui kelebihan dan kekurangan penerapan strategi promosi dalam
meningkatkan penjualan pada toko Dolphin Desa Pagantenan perspektif islam.
Pada penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Pendekatan ini
merupakan suatu proses pengumpulan data secara sistematis untuk mengamati tentang Strategi
Promosi dalam Perspektif Ekonomi Islam Terhadap Peningkatan Penjualan Pada Toko Dolphin
Desa Pagantenan, Adapun jenis penelitian, peneliti menggunakan jenis penelitian fenomenologis
disebut juga dengan paradigma fenomenologis yang mengharuskan meneliti dilatar yang alamiah,
maka paradigma ini disebut juga dengan paradigma alamiah.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, (1). Toko Dolphin aktif menggunakan strategi promosi
dengan mematuhi prinsip-prinsip ekonomi Islam dengan cermat. menjual produk dengan harga
yang wajar, transparansi dalam semua transaksi, dan menjauhi praktik riba. Dengan mengikuti
prinsip-prinsip ini, Toko Dolphin dapat mengembangkan bisnis yang berkelanjutan sambil
mematuhi ajaran ekonomi Islam yang adil dan etis. (2). Kelebihan dari Toko Dolphin yang
membuatnya menonjol di antara toko aksesoris lainnya, Toko ini menawarkan beragam aksesoris
lengkap, memastikan bahwa pelanggan dapat memenuhi kebutuhan gaya mereka dengan mudah.
Menawarkan produk-produknya dengan harga yang terjangkau dan murah, memberikan pelanggan
nilai lebih untuk uang yang mereka keluarkan. Sedangkan kekurangan yang juga dimiliki oleh
Toko Dolphin sendiri. keberadaan produk dengan harga murah yang seringkali habis atau tidak
tersedia dapat menjadi hambatan bagi pelanggan yang mencari penawaran khusus. Kondisi ini
dapat menuntut pelanggan untuk menunggu restok barang atau bahkan mencari alternatif di tempat
lain, yang bisa mengakibatkan kehilangan potensi penjualan
Tidak tersedia versi lain