Text
Strategi Marketing Mix Syariah Dalam Meningkatkan Jumlah Konsumen Kedai Makan Sudi Mampir di Kecamatan Gapura
Kata Kunci: Strategi, Kedai Makan Sudi Mampir, Menarik Minat
Tulisan yang berjudul “Strategi Marketing Mix Syariah Dalam Meningkatkan Jumlah
Konsumen Kedai Makan Sudi Mampir di Kecamatan Gapura, Sumenep” ini dibuat dengan
tujuan untuk mengetahui startegi pemasaran produk Kedai Makan Sudi Mampir dan faktor apa
saja yang mendukung dan menghambat strategi pemasaran tersebut. Hal ini dikarenakan Kedai
Makan Sudi Mampir terbilang cukup berkembang ditengah persaingan yang cukup ketat
dengan beberapa bisnis kuliner yang beredar di daerah Gapura. Ini dibuktikan dengan
penambahan jumlah konsumennya di setiap bulan maupun tahunnya, mulai dari pelajar, spg
produk, sales, supir truk dan lainnya.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian
menggunakan penelitian lapangan (field research) bersifat kualitatif deskriptif. Sumber data
diperoleh dari hasil wawancara, observasi dan dokumentasi dengan pengecakan keabsahan dan
menggunakan ketekunan peneliti, tringulasi sumber dan bahan referensi. Kemudian data
dianalisis dengan mereduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pertama: strategi pemasaran yang dilakukan
oleh Kedai Makan Sudi Mampir dalam rangka memasarkan produk mereka antara lain ialah
strategi produk, strategi harga, strategi tempat, strategi promosi, strategi bukti fisik, strategi
karyawan dan strategi proses atau dengan kata lain Kedai Makan Sudi Mampir
mengaplikasikan strategi marketing mix. Kedua : faktor yang mendukung yaitu, mempunyai
bakso yang merupakan produk unggulan, harga yang ramah dikantong, lokasi di seberang jalan
raya, menggunakan strategi WOMM yang efektif, tempat yang selalu bersih, memiliki SOP
pelayanan yang bagus dan mempunyai produk yang terjamin halal. Dari ketujuh variabel
pemasaran ini didalamnya juga terdapat faktor yang menghambat strategi pemasarannya
seperti kurangnya kreatifitas dan inovasi pada semua produknya, lahan parkir yang kurang
memadahi, kurangnya promosi di media sosial dan persaingan dengan bisnis lain termasuk
faktor yang menghambat Kedai Makan Sudi Mampir dalam proses pemasaran produknya
Tidak tersedia versi lain