Text
Pengaruh Promosi Dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Air Minum Dalam Kemasan Bariklana PP Al-Amien Prenduan Sumenep
Kata kunci: Promosi, Brand Awareness, Keputusan Pembelian
Air Minum Dalam Kemasan Bariklana (AMDK) Merupakan koperasi
pondok pesantren Al-Amien Prenduan sumenep yang di kolalah oleh pondok
pesantren (Kopentren). Usaha Air minum dalam kemasan (AMDK) ini berlokasi di
pondok Al-Amien II (Barat) tepatnya di Dusun Dunglaok, desa Pragaan Laok,
Kecamata pragaan. Air minum dalam kemasan bariklan (AMDK) ini adalah salah
satu pabrik air yang ada di pondok pesantren Al-Amien. Awal mula air ini bariklana
cuman di kosumsi oleh santri dan tidak di perjuak belikan, dengan lambat laun
ahirnya air minum dalam kemasan bariklana di perjual belikan kepada masyarakat
sekitar.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian asosiatif, dengan pedekatan
kuantitatif, teknik analisis data menggunakan regresi linear berganda dang dengan
bantuan alat analisis SPSS versi 26. Jenis data dalam penelitian ini adalah primer
dan sekunder. Populasi penelitian ini adalah konsumen air minum dalam kemasa
bariklana (AMDK). Instrumen dalam penelitian ini adalah koesioner (angket).
Pengambilan sampel di tentukan dengan rumus cochran dengan jumlah responden
100 konsumen. Kemudian teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini
adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji T (uji parsial), uji F (uji
simultan) dan uji regresi.
Hasil penelitian menyimpulakan bahwa variabel promsi dan brand
awareness berpengaruh positif secara parsial terhadap keputusan pembelian air
minum dalam kemasan bariklana yang dibuktikan dengan nilai t hitung > t tabel
variabel promosi (X1) sebesar 10.044 > 0,1985 dengan taraf signifikan 0.000 < 0.05
dan untuk nilai t hitung > t tabel untuk variabel Brand Awareness (X2) diperoleh
sebesar 5.742 > 0,1985 dengan taraf signifikan 0.000 < 0.05. berdasarkan hasil uji
simultan (uji F) dapat disimpulkan bahwa variabel promosi (X1) dan Brand
Awareness (X2) secara bersamaan (pada waktu yang sama) berpengaruh positif
terhadap keputusan pembelian (Y), yang dibuktikan dengan hasil penelitian. Uji
signifikansi secra simultan (Uji F) diperoleh F hitung < F tabel sebasar 95.181 <
3.090 pada tingkat signifikan 0.000 < 0,05. Berdasarkan anlisis koefisien
determinasi (R2) diketahui nilai R-Square sebesar 66,5% dan sisanya 33,5%
dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian
Tidak tersedia versi lain