Text
Analisis Strategi Marketing 4p (Product, Price, Place, Dan Promotion) dalam Meningkatkan Penjualan Terasi Di Desa Ambunten Timur Kecamatan Ambunten Kabupaten Sumenep
Kata kunci: Strategi, Marketing Mix 4p, Peningkatan Penjualan
Perekonomian diera sekarang tentunya tidak lepas dari pentingnya sebuah
strategi. Banyak strategi yang bisa digunakan untuk meningkatkan penjualan dan
menarik konsumen untuk membeli produk yang ditawarkan oleh produsen. Salah
satu strategi yang banyak ditawarkan oleh produsen. Salah satu strategi yang
banyak digunakan oleh perusahaan yaitu marketing mix strategy (Strategi Bauran
Pemasaran). Bauran pemasaran umumnya memfokuskan diri pada produk,
penetapan harga, kebijakan distribusi, dan cara promosi. Bauran pemasaran
merupakan suatu strategi penjualan atau promosi yang bersifat unik serta
dirancang untuk menghasilkan pertukaran yang saling menguntungkan untuk
pasar yang dituju. Adapun bauran pemasaran yaitu dibagi menjadi empat variabel,
yang meliputi: produk, harga, promosi, dan tempat atau saluran distribusi.
Penelitian ini bertujuan untuk, pertama, untuk mengetahui strategi marketing 4p
(Product, Price, Place, Dan Promotion) Dalam Meningkatkan Penjualan Terasi
Di Desa Ambunten Timur Kecamatan Ambunten Kabupaten Sumenep. Kedua,
untuk mengetahui Faktor-faktor apa saja yang menghambat penerapan marketing
4p terhadap penjualan UD Literasi Desa Ambunten Kabupaten Sumenep.
Penelitian ini menggunakan pendekatan Kualitatif dengan jenis penelitian
deskriptif. Artinya dalam pendekatan kualitatif hanya pada quality. Sedangkan
jenis penelitian deskriptif merupakan penelitian yang bersifat memaparkan atau
menggambarkan secara lengkap tentang objek yang diteliti. Prosedur
pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan Observasi, Dokumetasi dan
wawancara.
Hasil penelitian menunjukkan, pertama marketing mix dalam
meningkatkan penjualan pada UD. Literasia dilihat dari produk berkualitas, UD.
Literasia dalam menentukan harga sudah kompetitif dalam artian harga sudah
sesuai kualitas produk. Strategi penyaluran distribusi yang dilakukan oleh UD.
Literasia yaitu menggunakan saluran distribusi langsung dan tidak langsung. UD
Literasia menerapkan marketing 4p dilihat dari promosi yaitu dari mulut ke mulut.
Kedua Faktor-faktor penghambat penerapan marketing mix terhadap penjualan
UD. Literasia yaitu bahan baku udang rebon yang sulit didapatkan saat tidak
sedang musim. Solusinya dengan membeli bahan baku dari pengepul luar kota.
Faktor penghambat yang kedua yaitu cuaca, UD literasia dalam memproduksi
masih melihat cuaca yang pas, yaitu musim panas untuk bisa melanjutkan
produksinya
Tidak tersedia versi lain