Text
Pengaruh Citra Merek dan Harga Terhadap Kpeutusan Pembelian Pada Nadzif Fried Chicken (NFC) di Blumbungan Pamekasan
Kata Kunci: Pengaruh Citra Merek, Harga, Keputusan Pembelian.
Pada era globalisasi sekarang ini persaingan bisnis dalam berwirausaha
semakin bervariasi dan menarik terutama dalam bisnis usaha kuliner seperti makanan
cepat saji. Salah satunya yaitu Nadzif Freid Chicken (NFC) yang berada di
Blumbungan Pamekasan. Dimana era sekarang ini, jumlah merek, produk, dan wilayah
serta harga yang bersaing dalam pasar menjadi sangat banyak sehingga konsumen
memiliki banyak pilihan dan alternatif produk yang dapat memenuhi kebutuhannya dan
berhak memilih sesuai yang konsumen inginkan. Oleh sebab itu, setiap pelaku usaha
bisnis harus mempunyai kepekaan terhadap perubahaan kondisi persaingan bisnis yang
terjadi dilingkungannya dan menempatkan orientasi terhadap kemampuan untuk
menarik keputusan pembelian agar dapat berhasil menjalankan usahanya.
Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh citra merek dan harga
terhadap keputusan pembelian pada Nadzif Fried Chicken (NFC) di Blumbungan
Pamekasan. Metode penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif dengan pendekatan
survey terhadap 100 responden dengan teknik incidental sampling. Tipe pengumpulan
data melalui kuesioner, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang
digunakan yaitu uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik (uji normalitas, uji
multikolinieritas, dan uji heteroskedastisitas), uji regresi linier berganda serta uji
hipotesis (uji t, uji f, dan uji koefisien determinasi) dengan menggunakan aplikasi IBM
SPSS 20 for windows.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel citra merek (X1) berpengaruh
secara signifikan terhadap keputusan pembelian sebesar 6,404 dan variabel harga (X2)
berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian sebesar 2,069. Serta
variabel citra merek dan harga berpengaruh secara simultan (bersama-sama) terhadap
keputusan pembelian sebesar 22,648. Hasil dari Adjusted R-Square keputusan
pembelian ialah sebesar 0,318 atau 31,8%, artinya keputusan pembelian dalam metode
penelitian ini disebabkan oleh variabel citra merek dan variabel harga, sedangkan
68,2% dipengaruhi oleh variabel-variabel lain yang tidak diperhitungkan dalam
analisis penelitian ini (tidak diteliti)
Tidak tersedia versi lain