Text
Implementasi Konsep Marketing Mix Produk, Harga, Tempat, Promosi Dalam Meningkatkan Penjualan di Perusahaan Petis UD HSN Konang Galis Pamekasan
Kata Kunci: Marketing Mix, Produk, Harga, Tempat, Promosi
Pada era sekarang ini perekonomian di dunia tidak lepas dari usaha yang
ketat di bidang marketing (pemasaran). Hal ini dapat dilihat dengan dijalankannya
proses pemasaran dalam menjual barang atau jasa yang perusahaan tawarkan
kepada kkonsumen. Semakin banyak perusahaan dengan dunia usaha yang sama,
maka masyarakat semakin bebas menentukan pilihan mereka terhadap barang
yang akan dikonsumsi. Bauran pemasaran merupakan salah satu strategi
pemasaran untuk menyampaikan informasi secara luas, memperkenalkan suatu
produk barang dan jasa, merangsang konsumen untuk memberi bahkan
menciptakan preferensi pribadi terhadap image suatu produk. Oleh karena itu
bauran pemasaran dianggap sebagai salah satu unsur strategi yang paling potensial
di dalam memasarkan produk. Strategi bauran pemasaran yaitu: produk, harga,
promosi dan tempat, yang sering dikenal dengan istilah 4P.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Penelitian ini
berisi kutipan-kutipan data untuk memberi gambaran penyajian laporan tersebut.
Data tersebut berasal dari naskah wawancara, catatan lapangan, foto, catatan atau
memo. Teknik pengumpulan data dilakukan secara triangulasi, analisis data
bersifat induktif. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif.
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti, diperoleh hasil
perusahaan UD HSN mengimplementasikan marketing mix 4P dalam
meningkatkan penjualan yaitu place perusahaan UD HSN memilih tempat yang
strategis dan memiliki lahan yang luas serta memadai, product yang dihasilkan
terdapat 3 jenis kualitas yaitu biasa, luar biasa dan super. Sedangkan price atau
harga produk cenderung lebih murah dibandingkan dengan harga petis yang ada
di pasaran, promotion atau pemasaran perusahaan UD HSN tidak terjun langsung
memasarkan namun dipasarkan oleh para resellernya. Terdapat beberapa faktor
pendukung dalam mengimplementasikan marketing mix yaitu produk yang
berkualiatas, harga yang bersaing, personal branding dan tempat yang strategis.
Sedangkan faktor penghambatnya adalah kenaikan harga bahan baku. Dalam
pengimplementasian marketing mix memberikan dampak positif terhadap
penjualan di UD HSN Konang Galis, dimana penjualan produk semakin
meningkat setiap harinya
Tidak tersedia versi lain