Text
Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri Satu Atap Panaguan Kecamatan Proppo Kabupaten Pamekasan,
Kata Kunci: Peran Kepala Sekolah, Pendidikan Agama Islam
Penelitian ini di latar belakangi oleh fenomena yang terjadi di Sekolah
Menengah Pertama Negeri Satu Atap Panaguan Kecamatan Proppo Kabupaten
Pamekasan terdapat suatu peran kepala sekolah yang sangat penting dilaksanakannya
demi meningkatkatkan suatu kualitas mutu pendidikan khusunya pendidikan Agama
Islam yang ada dilembaga tersebut.
Ada dua fokus penelitian yang menjadi kajian utama penelitian ini, yaitu:
Pertama, Bagaimana peran kepala sekolah dalam meningkatkan kualitas pendidikan
Agama Islam di SMPN Satu Atap Panaguan Kecamatan Proppo Kabupaten
Pamekasan Kedua, Faktor apa yang mendukung dan menghambat peran kepala
sekolah dalam meningkatkan kualitas pendidikan Agama Islam di SMPN Satu Atap
Panaguan Kecamatan Proppo Kabupaten Pamekasan.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan jenis penelitiannya adalah
deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan
dokumentasi. Analisis data dengan melakukan Reduksi Data, Display Data dan
Penarikan Kesimpulan. Data yang diperoleh di cek keabsahan datanya dengan,
ketekunan pengamatan, trianggulasi dan pemeriksaan melalui diskusi.
Hasil penelitian menujukkan: Pertama, Peran Kepala Sekolah Dalam
Meningkatkan Kualitas Pendidikan Agama Islam Di SMP Negeri Satu Atap
Panaguan Kecamatan Proppo Kabupaten Pamekasan ialah kepala sekolah sudah
menjalankan perannya sesuai dengan kompetensi kepala sekolah yang mana
diantaranya sebagai educator, manajer, administrator, supervisor, leader, inovator,
dan motivator. Kedua, Faktor Pendukung dan Penghambat Kepala Sekolah Dalam
Meningkatkan Kualitas Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri Satu Atap Panaguan
Kecamatan Proppo Kabupaten Pamekasan ialah: faktor pendukungnya diantaranya a).
Keteladanan dan keaktifan guru ketika proses pembelajaran berlangsung khususnya
pembelajaran pendidikan agama islam dalam meningkatkan mutu kualitas pendidikan
agama islam b). Tersedianya fasilitas musollah yang mana tempat tersebut digunakan
untuk melaksanakan sholat dhuha, dhuhur berjemaah. Adapun faktor penghambatnya
ialah a). perbedaan yang ada pada setiap siswa, seperti IQ, maupun watak siswa yang
dapat menjadi problem dalam meningkatkan mutu kualitas pendidikan agama islam
b). minimnya sarana dan prasarana yang ada dilembaga ini seperti proyektor dan
buku-buku yang ada diperpustakaan karena rendahnya dana operasional sekolah yang
didapatkannya.
Tidak tersedia versi lain