Text
Analisis Nilai-nilai Pendidikan Islam dalam Film Pendek Cerita Hijrahku pada Channel Youtube Film Maker Muslim,
Kata Kunci: Nilai-nilai Pendidikan Islam, Film Pendek Cerita Hijrahku,
Film Maker Muslim
Internalisasi nilai-nilai pendidikan Islam sangatlah penting apalagi seiring
dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi membuat nilai-nilai
pendidikan Islam memerlukan cara baru yang menarik dalam penyampainnya agar
mudah untuk diterima oleh masyarakat khususnya para generasi muda yang
sekarang ini mulai menunjukkan kemerosotan moral. Dari masalah tersebut maka
channel youtube menjadi salah satu media yang dapat digunakan dalam
menanamkan nilai-nilai pendidikan Islam. Dan salah satu channel yotube yang
memuat konten-konten Islami adalah channel youtube Film Maker Muslim. Dan
salah satu konten videonya yang diambil peneliti kali ini yaitu film pendek yang
berjudul “Cerita Hijrahku”. Film ini sangat terhubung dengan kehidupan seharihari, karena terkait dengan makna hijrah yang mulai banyak dipakai oleh kalangan
remaja, namun banyak yang salah dalam mengartikan kata hijrah. Sehingga sering
membuat orang salah dalam menjalankan hijranya. Selain itu, alur cerita serta
dialog atau narasi yang mudah dicerna oleh masyarakat juga menambah film
bertema hijrah ini memiliki banyak makna. Berdasarkan hal tersebut, maka ada
dua hal yang menjadi pokok permasalahan dalam penelitian ini, yaitu: pertama,
apa saja nilai-nilai pendidikan Islam yang terkandung dalam film pendek Cerita
Hijrahku pada channel youtube Film Maker Muslim. kedua, Apa saja pesan moral
yang dapat diteladani dalam film pendek Cerita Hijrahku pada channel youtube
Film Maker Muslim.
Penelitian ini menggunakan penelitian kepustakaan (library research)
dengan pendekatan sosiologis. Sumber data diperoleh melalui data primer yang
merupakan Film Cerita Hijrahku pada Channel Youtube Film Maker Muslim, dan
data sekunder melalui buku-buku, jurnal, artikel, dan dokumen-dokumen yang
berkaitan dengan fokus penelitian. Sedangkan pengecekan keabsahan data
diperoleh melalui triangulasi teori dan teknik ketekunan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, Nilai-nilai Pendidikan
Islam yang terkandung dalam Film Pendek Cerita Hijrahku ialah Nilai-nilai
Pendidikan Islam baik dari aspek Aqidah yang meliputi iman kepada qada’ dan
qadar, Aspek Akhlak yang meliputi: Akhlak kepada Allah dan Akhlak kepada
Diri sendiri. Aspek Ibadah yang meliputi: Shalat, berdo’a dan menuntut ilmu. Dan
juga megandung nilai sosial yang meliputi: Kepedulian, tolong-menolong dan
disiplin. Kedua, pesan moral yang dapat diambil dalam film pendek cerita
hijrahku adalah mampu mengajarkan seseorang untuk berusaha menjadi lebih
baik, mengajarkan seseorang untuk bisa menghargai pilihan orang lain, dan juga
mengajarkan seseorang untuk bisa menerima takdir yang sudah ditentukan oleh
Allah Swt. Oleh karenanya, peneliti menilai film ini layak dan relevan untuk
digunakan sebagai media alternatif internalisasi nilai-nilai pendidikan Islam,
khususnya bagi kaum remaja.
Tidak tersedia versi lain