Text
Upaya Guru PAI Dalam Meningkatkan Kefasihan Membaca Al-Qur’an Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Dan Hadis di MAN Sampang
Kata Kunci: Upaya, Guru PAI, Kefasihan Membaca Al-Qur’an
Adapun fenomena yang terjadi di MAN Sampang terdapat beberapa siswa
yang masih kurang fasih dalam membaca Al-Qur’an yang telah diajarkan oleh
gurunya, seperti: siswa masih terbata-bata dalam membaca ayat-ayat suci AlQur’an, selain itu juga terdapat sebagian siswa yang masih kurang fasih dalam
memahami huruf hijaiyah dan memahami hukum-hukum tajwidnya, sehingga perlu
adanya upaya guru PAI dalam meningkatkan kefasihan membaca Al-Qur’an pada
mata pelajaran Al-Qur’an dan Hadis di MAN Sampang.
Ada dua fokus penelitian yang menjadi kajian utama penelitian ini, yaitu:
Pertama, bagaimana upaya guru PAI dalam meningkatkan kefasihan membaca AlQur’an pada mata pelajaran Al-Qur’an Dan Hadis di MAN Sampang ?. Kedua, apa
saja faktor pendukung dan penghambat guru PAI dalam meningkatkan kefasihan
membaca Al-Qur’an pada mata pelajaran Al-Qur’an dan Hadis di MAN Sampang
?.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis deskriptif.
Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi.
Analisis data dengan melakukan reduksi data, menyajikan data dan verifikasi data.
Data yang diperoleh di cek keabsahan datanya dengan perpanjangan keikutsertaan
dan trianggulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, upaya guru PAI dalam
meningkatkan kefasihan membaca Al-Qur’an pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadis
di MAN Sampang ialah mengajak siswa membaca Al-Qur’an sebelum proses
pembelajran dimulai, membaca ayat-ayat Al-Qur’an dalam proses pembelajaran,
mengiatkan siswa untuk terbiasa dalam membaca Al-Qur’an, memberikan tugas
hafalan kepada siswa, dan guru selalu memperhatikan mahrajatil huruf dikarenakan
kefasihan dalam membaca Al-Qur’an tidak hanya sekedar kelancaran dalam
membacanya saja tetapi juga menyangkut makharijul huruf dan tajwidnya. Kedua,
faktor pendukung Guru PAI dalam meningkatkan kefasihan membaca Al-Qur’an
pada mata pelajaran Al-Qur’an dan Hadis di MAN Sampang, antara lain: memiliki
guru yang profesional, minat dan motivasi siswa, serta support dari pimpinan
sekolah berupa sarana dan prasarana. Sedangkan faktor penghambatnya, antara
lain: kurangnya perhatian orang tua dan kondisi anak yang ramai.
Tidak tersedia versi lain