Text
Penggunaan Metode Reading Guide Dalam Meningkatkan Pemahaman Sisiwa Mata Pelajaran SKI di MI Islamiyah Ambat Tlanakan Pamekasan
Kata Kunci: Metode, Reading Guide, Pemahaman Sisiwa, Mata Pelajaran SKI Dan MI
Islamiyah Ambat Tlanakan pamekasan
Masih banyak peramasalahan dalam pelaksanaan pembelajaran di sekolah, salah
satunya adalah pemilihan metode. Beberapa guru masih banyak yang menggunakan metode
yang tidak sesuai dengan isi tujuan pembelajaran. maka dari itu penulis melakukan penelitian
tentang penggunaan metode reading guide dalam meningkatkan pemahaman siswa mata
pelajaran SKI. Penggunaan metode reading guide ini di lakukan oleh guru SKI di MI
Islamiyah Ambat Tlanakan Pamekasan.
Berdasarkan hal tersebut, maka fokus penelitiannya adalah bagaimana penggunaan
metode reading guide dalam meningkatkan pemahaman siswa mata pelajaran SKI dan
bagaimana hasil dari penggunaan metode reading guide dalam meningkatkan pemahaman
siswa mata pelajaran SKI dan apa saja faktor pendukung dan penghambat dari penggunaan
metode reading guide dalam meningkatkan pemahaman sisiwa mata pelajaran SKI. Adapun
tujuan dari penelitian ini yaitu mengetahui penggunaan metode reading guide dalam
meningkatkan pemahaman siswa mata pelajaran SKI dan mengetahui hasil dari penggunaan
metode reading guide dalam meningkatkan pemahaman siswa mata pelajaran SKI dan
mengetahui faktor pendukung dan penghambat dari penggunaan metode reading guide dalam
meningkatkan pemahaman siswa mata pelajaran SKI di MI Islamiyah.
Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian
deskriptif dan sumber data yang diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi.
Informannya adalah kepala sekolah, guru SKI dan siswa MI Islamiyah Ambat. Sedangkan
pengecekan keabsahan data dilakukan melalui teknik tringgulasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan metode reading guide dilakukan
dengan mengucapkan salam, berdoa, dan mengabsen siswa, dan terdapat langkah-langkah
yang dilakukan guru dalam menggunakannya metode reading guide di antaranya, guru
menyampaikan tujuan pembelajaran, memberikan bahan bacaan, menjelaskan materi,
meminta siswa untuk membaca bahan bacaan yang sudah diberikan, guru membahas
pertanyaan atau kisi-kisi kepada siswa, dan terakhir guru memberi kesimpulan materi.
Mengenai faktor pendukung dan penghambat, terdapat beberapa faktor pendukung dalam
penggunaan metode reading guide yaitu, adanya kemampuan guru dalam menggunakan
metode reading guide, adanya peningkatan pemahaman siswa, dan adanya sarana prasarana
yang memadai. Sedangkan untuk faktor penghambatnya yaitu minimnya waktu atau
terbatasnya waktu ketika melaksanakan proses pembelajaran dengan menggunakan metode
reading guide. Untuk hasil dari pemahaman siswa, semenjak guru SKI menggunakan metode
reading guide siswa lebih paham dan gampang dalam mengingat materi yang sudah
dipelajari, dengan hal itu bisa di katakan penggunaan metode reading guide yang di gunakan
oleh guru SKI di MI Islamiyah ini, membuat pemahaman siswa lebih meningkat.
Tidak tersedia versi lain