Text
Pengaruh Penggunaan Metode Bermain Game Monopoli Terhadap Peningkatan Motivasi Belajar SKI Siswa Kelas VIII MTsN 1 Pamekasan,
Kata Kunci: Metode Bermain Game Monopoli, Motivasi Belajar
Metode bermain game monopoli merupakan metode pembelajaran dengan
memasukkan unsur pelajaran ke dalam monopoli yang digunakan dengan cara
bermain atau permainan seperti permainan monopoli untuk mengasah keterampilan
dan pengetahuan berbahasa peserta didik. Melalui permainan dengan menggunakan
metode dalam pembelajaran dapat mendukung terciptanya rangsangan pada anak
dalam berbahasa salah satunya yang diciptakan pendidik sesuai kebutuhan dan
kondisi peserta didik maupun kondisi sekolah.
Berdasarkan hal tersebut, maka ada dua permasalahan yang menjadi kajian
pokok dalam penelitian ini, yaitu: pertama, adakah pengaruh penggunaan metode
bermain game monopoli untuk meningkatkan motivasi belajar SKI siswa kelas VIII
MTsN 1 Pamekasan. Kedua, seberapa besar pengaruh penggunaan metode bermain
game monopoli terhadap peningkatan motivasi belajar SKI siswa kelas VIII MTsN
1 Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis
eksperimen. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VIII dan teknik
sampel yang digunakan yaitu purposive sampling yaitu kelas VIII-B. Instrument
penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu angket.
Berdasarkan hasil analisis data angket diperoleh nilai r hitung > r table yaitu
0,973 > 0,361 pada taraf signifikansi 95% dan 0,973 > 0,463 pada taraf signifikansi
99%. Sedangkan besar pengaruh tinggi dari hasil analisis r hitung 0,973 koefisisen
korelasinya berada diantara 0,800 – 1,00. Dengan demikian hipotesis kerja (Ha)
diterima dengan keterangan ada pengaruh penggunaan metode bermaian game
monopoli untuk meningkatkan motivasi belajar SKI siswa kelas VIII MTsN 1
Pamekasan.
Tidak tersedia versi lain