Text
Strategi Kepala Sekolah dalam Mengembangkan Budaya Literasi Siswa di SMPI Al-Ghazali Tebul Timur Pegantenan
Kata Kunci: Strategi kepala sekolah dalam mengembangkan budaya literasi siswa
Strategi merupakan suatu proses yang dilakukan yang mengacu pada implementasi ide,
rencana dan kegiatan dalam jangka waktu tertentu untuk mencapai suatu tujuan. Strategi literasi
yang diterapkan masing-masing sekolah disesuaikan dengan berbagai sarana dan prasarana
yang tersedia, keberhasilan pelaksanaan strategi literasi sangat bergantung pada berbagai faktor
pendukung dan penghambat dan bagaimana cara sekolah menyikapi dan bertindak untuk
mengatasi faktor penghambat tersebut. Mengembangkan budaya literasi merupakan langkah
yang paling penting untuk dapat mengembangkan pula kemampuan siswa serta dapat
memberikan wawasan yang lebih luas kepada siswa untuk dapat menggali lebih dalam lagi
pengetahuannya. Oleh karena itu, kepala sekolah harus berupaya dalam membudidayakan
literasi dengan mengembangkan budaya literasi sehingga siswa dapat mengetahui, memahami
serta mempraktikkan pembelajaran sekolah melalui kegiatan dasar yaitu membaca agar dapat
mengetahui hal yang sebelumnya belum pernah diketahui, atau memperluas wawasan dan
pengetahuannya melalui kegiatan membaca.
Berdasarkan hal tersebut, maka fokus penelitian dalam penelitian ini ada tiga yaitu:
pertama, bagaimana strategi kepala sekolah dalam mengembangkan budaya literasi siswa di
SMPI Al-Ghazali Tebul Timur Pengantenan. Kedua, bagaimana faktor pendukung dan
penghambat strategi kepala sekolah dalam mengembangkan budaya literasi siswa di SMPI AlGhazali Tebul Timur Pengantenan. Ketiga, bagaimana solusi dari adanya faktor penghambat
strategi kepala sekolah dalam mengembangkan budaya literasi siswa di SMPI Al-Ghazali
Tebul Timur Pegantenan. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis
deskriptif. Informan dalam penelitian ini meliputi: Kepala sekolah, Guru dan siswa. Adapun
teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu Observasi, Wawancara dan Dokumentasi.
Analisis data yaitu meliputi: Reduksi data, Penyajian data dan Kesimpulan,
Hasil dari penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa: 1. Strategi kepala
sekolah dalam mengembangkan budaya literasi siswa di SMPI Al-Ghazali yaitu sebagai
berikut: a) Memprogramkan kegiatan membaca 15 menit sebelum KBM, b) Mengadakan
perlombaan karya tulis ilmiah siswa yang dilombakan pada saat ada classmeeting, dan c)
Membaca santai dihari senin setelah upacara. 2. Faktor pendukung budaya literasi yaitu: a)
Menyediakan fasilitas perpustakaan yang memadai dan , b) Adanya dana pada setiap program
budaya literasi, Sedangkan faktor penghambatnya yaitu: a) Rendahnya minat baca dan
motivasi belajar siswa, b) Siswa merasa jenuh, c) Kurangnya pojok baca disudut ruang kelas.
3. Solusi dari adanya faktor penghambat strategi kepala sekolah dalam mengembangkan
budaya literasi siswa yaitu: a) Menekankan siswa untuk mengikuti kegiatan budaya literasi
disekolah, dan b) Pemenuhan fasilitas pemaksimalan program literasi di sekolah
Tidak tersedia versi lain