Text
Manajemen Sarana dan Prasarana Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran di SDN Dapenda I Batang-batang Sumenep
Kata Kunci : Manajemen Sarana Prasarana, Mutu Pembelajaran
Pendidikan merupakan hal yang paling penting dalam kehidupan sehingga tanpa
pendidikan maka manusia tidak akan mengetahui banyak hal. Di sekolah seseorang akan
memperoleh ilmu pengetahuan yang layak belajar untuk memperoleh pengetahuan, sikap yang
dan kecakapan baik dari guru, tanpa dukungan yang baik dan memadai guru akan kurang
maksimal dalam mengajarnya. Begitu juga dengan siswa-siswa sudah pasti memerlukan
kenyamanan dan rasa aman dalam memperoleh pendidikan, apabila sekolah tidak bersih, tidak
rapi dan tidak lengkap maka siswa tidak akan nyaman untuk memperoleh ilmu pengetahuan yang
layak dengan baik. Baik dari segi buku pelajaran, alat peraga, alat praktek, alat olahraga,
musholla, kantin, ruang UKS, perpustakaan, lapangan upacara dan lapangan olahraga yang
merupakan komponen paling penting dalam satuan pendidikan di sekolah. Untuk meningkatkan
mutu pembelajaran pada semua jenjang dan jenis pendidikan diperlukan juga tenaga-tenaga
profesional guru dalam mendidik peserta didiknya. Berhasil tidaknya sekolah dalam mendidik
siswa-siswanya Dalam pemilihan strategi pembelajaran yang tepat bagaiamana guru dalam
memilih kegiatan pembelajaran yang paling efektif dan efisien untuk menciptakan pengalaman
belajar yang baik, memberikan fasilitas kepada peserta didik untuk mencapai tujuan
pembelajarannya.
Berdasarkan hal tersebut maka ada tiga permasalahan yaang menjadi kajian pokok dalam
penelitian ini, yaitu: pertama, Bagaimana kondisi sarana prasarana pendidikan di SDN Dapenda
I Batang-batang Sumenep,kedua, Bagaimana manajemen sarana prasarana dalam meningkatkan
mutu pembelajaran yang ada di SDN Dapenda I Batang-batang Sumenep,ketiga, Apa saja faktor
pendukung dan penghambat manajemen sarana prasarana dalam meningkatkan mutu
pembelajaran di SDN Dapenda I Batang-batang Sumenep.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Sumber data
diperoleh dari wawancara, observasi dan dokumentasi, subyek penelitian meliputi kepala
sekolah, guru, dan siswa sedangkan analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data,
serta kesimpulan. Dalam pengecekan keabsahan data dilakukan dengan perpanjangan
keikutsertaan ketekunan pengamatan dan trianggulasi.
Berdasarkan deskripsi data dan pembahasan hasil penelitian, maka secara umum dapat
disimpulkan bahwa, manajemen sarana dan prasarana dalam meningkatkan mutu pembelajaran
di SDN Dapenda I Batang-batang setelah mengamati dan mencermati dari hasil observasi,
wawancara, dan studi dokumentasi di lapangan.
Tidak tersedia versi lain