Text
Implementasi Manajemen Administrasi Perkantoran Dalam Meningkatkan Etos Kerja Tata Usaha Di SMA Al-Falah Kadur
Kata Kunci : Manajemen Administrasi Perkantoran, Etos Kerja Tata Usaha.
Setiap organisasi harus mengimplementasikan Manajemen yang baik
terutama dalam mengelola sumber daya manusia (SDM) pada sebuah kantor.
Hal itu agar tercipta etos kerja pada diri karyawan. Etos kerja merupakan
sumber inspirasi dan motivasi kerja untuk melakukan aktivitas dalam bekerja.
Penelitian ini bertujuan : pertama, untuk mengetahui implementasi
manajemen administrasi perkantoran dalam meningkatkan etos kerja tata usaha
di SMA Al-Falah Kadur. Kedua, untuk mengetahui faktor pendukung dan
penghambat implementasi manajemen administrasi perkantoran dalam
meningkatkan etos kerja tata usaha di SMA Al-Falah Kadur. Penelitian ini
menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik
pengumpulan data diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi.
Adapun pengecekan keabsahan data menggunakan Perpanjangan pengamatan,
Ketekunan Pengamatan dan Triangulasi. Untuk analisis data, peneliti
menggunakan tiga teknik yaitu kondensasi, penyajian data, dan penarikan
kesimpulan/verivikasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pertama, Penerapan Manajemen administrasi
perkantoran dalam meningkatkan etos kerja tata usaha di SMA Al-Falah Kadur
menjadi catatan penting sebagai pembentukan kualitas terhadap tolak ukur kualitas
sekolah tersebut. Terdapat beberapa kegiatan manajerial yang dapat diterapkan
dalam kegiatan kantor diantanranya : Perencanaan, Pengorganisasian dan
pengawasan. Dari ke tiga aspek tersebut hanya aspek pengawasan yang masih perlu
ditingkatakan, karena dalam menilai tingginya kualitas kerja karyawan tidak cukup
hanya dengan pertemuan setiap bulan. Akibatnya pelaksanaan pelayanan efektif
tetapi belum mampu dikategorikan sebagai pelayanan yang efisien. Kedua, Faktor
pendukung dalam pelaksanaan Manajemen perkantoran dalam meningkatkan etos
kerja tata usaha di SMA Al-Falah Kadur ialah kelengkapan fasilitas pada kantor.
Kelengkapan fasilitas kantor akan membantu dan mempermudah pekerjaan seluruh
karyawan/staf kantor dalam menyelesaikan pekerjaannya. Sehingga nantinya akan
meningkatkan etos erja karyawan khususnya tata usaha. Ketiga, faktor penghambat
dalam implementasi Manajemen administrasi perkantoran dalam meningkatkan
etos kerja tata usaha di SMA Al-Falah Kadur yaitu keterbatasan sumber daya
manusia dari Tata Usaha. Kelengkapan sumber daya manusia juga penting karena
akan berdambak terhadap kualitas kerja karyawa/staf dan pastinya akan berdampak
terhadap kualitas sekolah itu sendiri. Maka perlu adanya sikap dari pihak sekolah
dalam menangani hal tersebut. Keempat, meningkatkan etos kerja terhadap tata
usaha merupakan tugas penting bagi seorang pemimpin. Salah satunya memberi
Tidak tersedia versi lain