Text
Implementasi Kegiatan Penyembelihan Kurban Dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa Mata Pelajaran Fiqih Materi Kurban Di MAN 1 Pamekasan
Kata Kunci: Implementasi Penyembelihan Kurban, Pemahaman Siswa, Solusi
dan hambatan
Mata pelajaran fiqih yang diimbangi dengan praktek menjadi alasan
diperlukannya kajian lebih lanjut terkait implementasi kegiatan penyembelihan
kurban dalam meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran Fiqih materi
kurban. Tujuan penelitian ini. Pertama, untuk mengetahui bagaimana
implementasi kegiatan penyembelihan kurban dalam meningkatkan pemahaman
siswa mata pelajaran Fiqih materi kurban di MAN 1 Pamekasan. kedua, untuk
mengetahui faktor pendukung, penghambat dan solusi terhadap implementasi
kegiatan penyembelihan hewan kurban dalam meningkatkan pemahaman siswa
mata pelajaran Fiqih materi kurban di MAN 1 Pamekasan.
Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif, yaitu
peneliti akan memaparkan data dalam bentuk deskripsi, agar peneliti dapat
menggambarkan suatu kejadian atau peristiwa dengan saksama, terstruktur, dan
tanpa adanya manipulasi didalamnya.Sumber data yang peneliti gunakan yaitu.
Pertama, data primer, dalam arti sederhananya yaitu data dari perorangan yang
peneliti peroleh secara mandiri. Kedua, data sekunder, data yang diperoleh dari
sumber bacaan ataupun dokumen dan arsip-arsip resmi. Ketiga, kata-kata dan
tindakan, yakni sumber data yang diperoleh dari hasil wawancara ataupun
observasi yang dilakukan oleh peneliti.
Berikut hasil analisis terkait fenomena dan hasil temuan penelitian yang
telah didapatkan selama kegiatan penelitian di MAN 1 Pamekasan. Pertama,
Implementasi kegiatan penyembelihan hewan kurban dalam meningkatkan
pemahaman siswa dilakukan dengan beberapa tahap yaitu: pembukaan, sambutansambutan, pembacaan nama-nama pemilik hewan kurban, do’a dan kemudian di
lanjut dengan penyembelihan hewan kurban dan implementasi kegiatan
penyembelihan kurban dikatakan mampu meningkatkan pemahaman siswa karena
dengan kegiatan tersebut siswa dapat lebih menguasai indikator pemahaman yaitu:
Menjelaskan tata cara pelaksanaan kurban, mempraktikkan cara pelaksanaan
kurban, dan menjelaskan hikmah kurban. Kedua, faktor pendukung kegiatan
penyembelihan hewan kurban yitu, KI KD pada mata pelajaran fiqih materi
kurban, visi Misi sekolah, sumber Daya Manusia (SDM) di sekolah, kesadaran
masyarakat untuk faktor penghambatnya yaitu, keterlambatan dana, kerjasama
antara guru dan siswa, kurangnya kesadaran dari siswa, dukungan dari orang tua
siswa dan solusi untuk hambatan tersebut yaitu, pengurangan waktu, sosialisasi,
pemberian sanksi ataupun hukuman.
Tidak tersedia versi lain