Text
Implementasi Program Madrasah Riset dalam Mengembangkan Karakter Berpikir Kritis Siswa di MAN Sumenep
Kata kunci:Madrasah Riset , Berpikir Kritis Siswa MAN Sumenep
Usaha pemerintah untuk mengembangkan kemampuan riset dalam dunia pendidikan
telah dijalankan sejak tahun 2013, yaitu dengan meluncurkan Program Madrasah Riset yang
telah diterapkan di beberapa madrasah di seluruh Indonesia. Madrasah Riset adalah madrasah
yang mampu membudayakan kegiatan penelitian di lingkungan Madrasah baik oleh siswa
atau guru dengan cara mengembangkan riset untuk menghasilkan temuan riset guna
meningkatkan dan menambah Ilmu Pengetahuan dan Teknologi. Salah satu lembaga
pendidikan yang telah menerapkan riset di lingkungan madrasah adalah Madrasah Aliyah
Negeri Sumenep. Penelitian ini dilakukan untuk memperoleh data mengenai Implementasi
Program Madrasah Riset dalam Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa di
Madrasah Aliyah Negeri Sumenep. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori
Sekolah Riset menurut Mihye Won dan teori Sekolah Riset untuk Mengembangkan
Kemampuan Ilmiah menurut John Dewey. Metode yang digunakan dalam penelitian ini
adalah kualitatif dengan penyajian data secara deskriptif. Hasil dari penelitian ini adalah
Implementasi Program Madrasah Riset dalam Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis
Siswa di Madrasah Aliyah Negeri Sumenep diterapkan dengan menjalankan programprogram riset antara lain: Karya Tulis Ilmiah, Penyusunan RPP Berbasis Riset dan
Pendalaman Minat.
Tidak tersedia versi lain