Text
Implementasi Metode moroja’ah Dalam Penguatan Tahfidzul Qur’an Siswa Pada Islamic Borading School Darul Hijrah Artodung Galis Pamekasan
Kata Kunci: Implementasi, Faktur Prndukung dan Faktor Penghambat.
Muroja`ah adalah suatu kegiatan membaca berulang-kali beberapa ayat
yang telah dihafalkan sebelumnya, atau ayat yang akan dihafalkan. Muroja`ah
adalah proses yang wajib dilakukan oleh setiap seseorang yang memiliki hafalan,
baik itu Al-Qur’an Maupun Hadits. Tanpa Muroja`ah hafalan mudah hilang atau
bahkan hilang dari ingatan. Dalam penguatan hafalan seseorang membutuhkan
waktu yang cukup lama dan menjadi tanggung jawab yang sangat besar sebab
hafalan tersebut harus tetap dipertahankan seumur hidup. Dengan adanya hal
tersebut, maka peneliti ingin mengetahui lebih dalam dan mengkaji tentang
“Implementasi Metode Muroja`ah dalam Penguatan Tahfidz Siswa pada Islamic
Boarding School Darul Hijrah Artodung Galis Pamekasan”.
Penelitian ini memiliki dua fokus penelitian. Pertama, Bagaimana
Implementasi Metode moroja’ah Dalam Penguatan Tahfidzul Qur’an Siswa Pada
Islamic Borading School Darul Hijrah Artodung Galis Pamekasan?. Kedua, Apa
saja faktor pendukung dan penghambat yang dihadapi Islamic Borading School
Darul Hijrah Artodung Galis Pamekasan dalam Implementasi Metode moroja’ah
Dalam Penguatan Tahfidzul Qur’an Siswa?.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis pendekatan
deksriptif. Sumber data diperoleh dari observasi, wawancara dan dokumentasi.
Penelitian dilakukan di Islamic Borading School Darul Hijrah Artodung Galis
Pamekasan. Narasumber yang peneliti datangi diantaranya Kiyai Islamic Borading
School Darul Hijrah, ustadz Islamic Borading School Darul Hijrah, dan Siswa
Islamic Borading School Darul Hijrah. Dan untuk pengecekan keabsahan data
dilakukan melalui triangulasi sumber dan metode.
Hasil penelitian dalam fokus ini menunjukkan bahwa implementasi pada
metode muroja’ah di Islamic Boardnig School Darul Hijrah yakni dengan
menghafal Al-Qur’an menggunakan metode Muroja’ah dan Setoran Hafalan.
Sedangkan untuk faktor pendukungnya yaitu dari minat dan keinginan siswa
untuk manjadi seorang penghafal Al-Qur’an, adanya dari dorongan teman sejawat
yang mempengaruhi teman yang lain untuk semangat dalam menghafal AlQur’an, dukungan dan motivasi seorang ustadz kepada siswa-siswinya dalam
menghafal Al-Quran dan juga ukungan serta doa orang tua sehingga siswa
semangat dalam menghafal Al-Qur’an. Sedangkan faktor penghambat juga bisa
disebebkan oleh teman yang dapat berpengaruh pada siswa yang sedang
menghafal Al-quran dengan adanya teman-teman banyak ngobrol sehingga
berpengaruh pada siswa yang sedang Muroja’ah sehingga juga ikutan ngobrol dan
faktor penghambat yang terakhir yakni malasnya siswa dalam mengikuti
Muroja’ah hafalan.
Tidak tersedia versi lain