Text
, Inovasi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Di Smpn 1 Pademawu Pamekasan,
Kata kunci: Inovasi Guru PAI , Peningkatan Prestasi Belajar Siswa
Kajian skripsi ini di latar belakangi oleh perlunya inovasi guru pendidikan
agama islam dalam peningkatan prestasi belajar siswa di SMPN 1 Pademawu
Pamekasan. Dalam artian seorang guru penting baginya dalam melaksanakan
pembelajaran mengetahui segala metode dan strategi pembelajarean demi tercapainya
suatu tujuan pembelajaran dalam hal ini seoarang guru perlu terhadap yang namanya
inovasi pembelajaran guna meningkatkan prestasi belajar siswa SMPN 1 Pademawu
Pamekasan
Dalam penelitian ini terdapat tiga permasalahan yang menjadi kajian pokok
dalam penelitian ini, yaitu: pertama bagaimana inovasi guru pendidikan Agama Islam
dalam peningkatan prestasi belajar siswadi SMPN 1 Pademawu Pamekasan, kedua
faktor apa saja yang menjadi penghambat dan pendukung inovasi yang dilakukan
oleh guru pendidikan Agama Islam dalam peningkatan prestasi belajar siswa di
SMPN 1 Pademawu Pamekasaan, ketiga bagaimana gambaran keberhasilan inovasi
guru pendidikan Agama dalam peningkatan prestasi belajar siswa di SMPN 1
Pademawu Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Untuk
mendapatkan data penulis menggunakan metode wawancara, observasi, dan
dokumentasi, adapun untuk pengecekan keabsahan datanya peneliti menggunakan
metode triangulasi sumber data.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwasanya inovasi pembelajaran itu
penting dilakukan oleh guru namun dari ketiga guru PAI yang ada di SMPN 1
Pademawu Pamekasan hanya satu guru saja yang selalu melakukan inovasi
pembelajaran, yaitu guru kelas 9.Inovasi yang dilakukan oleh guru itu bermacam
macam mulai dari segi metode, strategi dan media pembelajarannya, dimana semua
itu menyesuaikan dengan situasi, suasana dan kondisi kelas.Dalam melaksanakan
inovasi pembelajaran terdapat faktor penghambat dan juga pendukung dimana yang
menjadi faktor penghambat juga pendukung itu terdapat pada minat atau keinginan
belajar siswa itu sendiri sehingga keberhasilan peningkatan prestasi belajar siswa itu
dapat tercapai.Gambaran keberhasilan inovasi yang dilakukan oleh guru guna
meningkatkan prestasi belajar siswa dapat diketahui melalui hasil ujian yang nantinya
nilai tersebut di cantumkan dalam raport siswa.
Tidak tersedia versi lain