Text
Upaya Guru Kelas Dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Al-Qur’an Melalui Metode Wafa Di Kelas 2 SD Plus Nurul Hikmah Pamekasan
Kata Kunci: Upaya Guru, Keterampilan Membaca Al-Qur’an, Metode Wafa
Terdapat salah satu upaya yang dilakukan oleh guru kelas dalam
meningkatkan keterampilan membaca Al-Qur’an pada peserta didik yaitu dengan
cara menerapkan metode wafa, dikarenakan metode wafa merupakan sistem dan
metode pembelajaran Al-Qur’an yang sangat tepat, dimana ciri khasnya adalah
memfungsikan otak kanan dengan nada hijaz dan menyajikan materi pembelajaran
secara menarik dan sistematis.
Ada tiga fokus penelitian yang menjadi kajian utama penelitian ini, yaitu:
Pertama, bagaimana upaya guru kelas dalam meningkatkan keterampilan
membaca Al-Qur’an di Kelas 2 SD Plus Nurul Hikmah Pamekasan? Kedua,
bagaimana penerapan metode wafa di Kelas 2 SD Plus Nurul Hikmah
Pamekasan? Ketiga, apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam
meningkatkan keterampilan membaca Al-Qur’an melalui metode wafa di Kelas 2
SD Plus Nurul Hikmah Pamekasan?
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan jenis penelitiannya
adalah deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan
dokumentasi. Analisis data dengan melakukan reduksi data, penyajian data, dan
penarikan kesimpulan. Data yang diperoleh di cek keabsahan datanya dengan
perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan dan triangulasi.
Hasil penelitiannya menunjukkan bahwa: pertama, upaya guru kelas
dalam meningkatkan keterampilan membaca Al-Qur’an di Kelas 2 SD Plus Nurul
Hikmah Pamekasan, diantaranya ialah melalui kegiatan intra kurikuler, kegiatan
ekstrakurikuler dan penambahan sarana dan prasarana yang mendukung
pembelajaran membaca Al-Qur’an. kedua, penerapan metode wafa di Kelas 2 SD
Plus Nurul Hikmah Pamekasan, diantaranya ialah: a). Persiapan, guru
menyiapkan perangkat pembelajaran serta mengkondisikan kelas sebelum mulai
pembelajaran. b). Pelaksanaan guru memotivasi siswa sebelum pembelajaran
dimulai, selanjutnya guru mengajak siswa mendengarkan bacaan dari guru lalu
siswa mengikuti bacaan guru per ayat, kemudian guru menyuruh siswa satu
persatu secara bergiliran untuk membacanya kembali. c). Evaluasi yang dilakukan
oleh guru dengan cara mengujikan kembali buku tilawah wafa yang telah
dipelajari. ketiga, faktor pendukung dalam meningkatkan keterampilan membaca
Al-Qur’an melalui metode Wafa di Kelas 2 SD Plus Nurul Hikmah Pamekasan,
diantaranya ialah antusias peserta didik dan tersedianya sumber belajar yang
memadai. Sedangkan faktor penghambatnya ialah terdapat sebagian siswa yang
jarang masuk sekolah.
Tidak tersedia versi lain