Text
Penggunaan Metode Al-Miftah Lil Ulum Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Terhadap Kitab Kuning di Madrasah Miftahul Ulum Buddagan Kecamatan Palengaan Kabupaten Pamekasan
Kata Kunci: Al-Miftah Lil Ulum, Minat Belajar, Kitab Kuning
Pendidikan merupakan kunci dari perkembangan kualitas dalam peradaban
umat manusia. Dengan adanya pendidikan yang berkualitas maka akan berdampak
pula terhadap tingkah laku manusia itu sendiri. Dalam dunia pendidikan islam,
sama halnya dengan pondok pesantren madrasah diniah juga tidak terlepas dengan
kitab kuning sebagai materi pembelajarannya. Namun belajar kitab kuning tanpa
didukung dengan penggunaan metode pembelajaran yang kreatif, maka akan
membutuhkan waktu yang relatif lebih lama untuk memahaminya. Oleh karena itu
Madrasah Miftahul Ulum Buddagan menggunakan sebuah metode baca cepat guna
meningkatkan minat belajar siswa dalam membaca kitab kuning yang dikenal
dengan metode Al-Miftah Lil Ulum.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengenai penggunaan metode AlMiftah Lil Ulum mulai dari tahap perencanaan, pelaksaan, evaluasi, sampai faktorfaktor yang dapat menjadi pendukung dan penghambat dalam meningkatkan minat
belajar siswa terhadap kitab kuning di Madrasah Miftahul Ulum Buddagan
Kecamatan Palengaan Kabupaten Pamekasan. Dengan fokus penelitian 1)
Bagaimana penggunaan metode Al-Miftah Lil Ulum dalam meningkatkan minat
belajar siswa terhadap kitab kuning di Madrasah Miftahul Ulum Buddagan
Kecamatan Palengaan Kabupaten Pamekasan?, 2) Apa saja faktor pendukung dan
penghambat dalam penggunaan metode Al-Miftah Lil Ulum di Madrasah Miftahul
Ulum Buddagan Kecamatan Palengaan Kabupaten Pamekasan?. Dalam penelitian
ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber
data yang diperoleh yaitu melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Informannya yaitu ketua yayasan, guru pengajar metode Al-Miftah Lil Ulum, guru
pengawas, dan siswa. Dalam pengecekan keabsahan data menggunakan
perpanjangan keikutsertaan, ketekunan/keajegan pengamatan, dan triangulasi.
Untuk analisis data, peneliti menggunakan data collection (pengumpulan data),
data reduction (reduksi data), dan conclusion drawing/verification (penarikan
kesimpulan).
Dari hasil penelitian yang didapat menunjukkan bahwa: 1) Penggunaan
metode Al-Miftah Lil Ulum di Madrasah Miftahul Ulum Buddagan masih
membutuhkan adanya inovasi pembaharuan baik dari segi perencanaan,
pelaksanaan, dan evaluasi sehingga nantinya dapat berjalan sesuai dengan harapan
dan dapat mendorong siswa untuk lebih semangat belajar sehingga minat belajar
terhadap kitab kuning bisa terus meningkat. 2) Faktor-faktor yang menjadi
pendukung dalam penggunaan metode Al-Miftah Lil Ulum yaitu lingkungan sekitarmadrasah yang berupa pondok pesantren dan juga aktivitas keseharian siswa yang
tidak luput dari pembelajaran kitab kuning serta dukungan dari para guru yaitu
dengan dibentuknya guru pengawas harian. Adapun faktor-faktor yang menjadi
penghambat dalam proses pembelajaran yakni masih kurangnya ketekunan dan
keseriusan dari siswa dalam mempelajari metode Al-Miftah Lil Ulum sehingga
kegiatan pembelajaran kurang berjalan dengan lancar dan juga kurangnya
dukungan serta pengawasan dari orang tua siswa
Tidak tersedia versi lain