Text
Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam Dalam Program Madrasah Adiwiyata di MTsN 2 Pamekasan Kolpajung Pamekasan
Kata Kunci: Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam, Program Adiwiyata
Pada saat ini akhlak dan moral mengalami kemerosotan yang diakibatkan
oleh pergaulan bebas di kalangan remaja sehingga mereka lebih menuruti hawa
nafsu tanpa memikirkan dampak terhadap diri mereka sendiri. Pergaulan bebas
dapat merusak kepribadian jiwa remaja, maka dari itulah program keagamaan
sangat dibutuhkan dengan tujuan membina siswa sehingga dapat memperbaiki
akhlak siswa menjadi lebih baik dan tidak menyimpang dari agama. Maka dari itu
perlu adanya pembelajaran akhlakul karimah agar menjadi sebuah kebiasaan untuk
bertingkah laku yang baik. Sehingga dengan mengadakan sebuah program di
sekolah-sekolah menjadi sebuah keharusan, di karenakan program agama
mengandung sebuah unsur pendidikan agama salah satunya yaitu akhlak yang
mulia.
Berdasarkan hal tersebut terdapat tiga fokus dalam penelitian ini yaitu
Pertama, apa saja bentuk program madrasah Adiwiyata di MTsN 2 Pamekasan
dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan agama Islam. kedua, apa saja nilai-nilai
yang terkandung dalam program Madrasah Adiwiyata di MTsN 2 Pamekasan
Ketiga, apa saja faktor pengambatdan pendukung dalam menanamkan nilai-nilai
pendidikan agama Islam dalam program madrasah sekolah Adiwiyata di MTsN 2
Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenis penelitiannya
adalah desriptif. Sumber data di peroleh melalui wawancara, observasi, dan
dokumentasi. Sedangkan yang menjadi sumber datanya adalah kepala sekolah,
staf, murid MTsN 2 Pamekasan. Pengecekan keabsahan data dilakukan melalui
perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, triangulasi. Sedangkan
tahap-tahap melalui hahap pra lapangan, tahap kegiatan lapangan, tahap
pelaporan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1. Nilai-nilai
pendidikan agama Islam dalam program Madrasah adiwiyata di MTsN 2
Pamekasan di antaranya: A. Melatih warga madrasah menjaga lingkungan B.
Program Jum’at bersih dan sehat. C. Kantin Sehat. 2. Nilai-nilai yang terkandung
dalam program Madrasah adiwiyata di MTsN 2 Pamekasan di antaranya,
A.Warga madrasah tetap menjaga lingkungan madrasah. B. Membiasakan
disiplin pada siswa dalam melaksanakan kegiatan di sekolah seperti membuang
sampah pada tempatnya, menjaga lingkungan madrasah 3. Faktor penghambat
dan pendukung dalam program Madrasah adiwiyata di MTsN 2 Pamekasan di
antaranya: A. Faktor penghambatnya yaitu sebagian warga madrasah kurang
peduli terhadap program adiwiyata, B. Sedangkan faktor pendukungnya yaitu
berkolaborasi antara guru dan siswa terhadap program adiwiyata
Tidak tersedia versi lain