Text
Pengaruh Penerapan Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 7-8 di SMPN 1 Galis Kabupaten Pamekasan
Kata Kunci: asesmen kompetensi minimum (AKM), motivasi belajar siswa, pendidikan agama
islam dan budi pekerti
Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) merupakan penilaian kompetensi atau
kemampuan mendasar yang dilakukan kepada peserta didik agar mampu mengembangkan
kemampuan dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Kompetensi mendasar yang dinilai
AKM adalah literasi membaca dan numerasi.
Berdasarkan hal tersebut, maka ada tiga permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam
penelitian ini, yaitu : pertama, Bagaimana penerapan asesmen kompetensi minimum (AKM)
terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan budi pekerti
Kelas 7-8 di SMPN 1 Galis Kabupaten Pamekasan? kedua, Adakah pengaruh dalam penerapan
asesmen kompetensi minimum (AKM) terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran
Pendidikan Agama Islam dan budi pekerti Kelas 7-8 di SMPN 1 Galis Kabupaten Pamekasan?
ketiga, Berapa besar pengaruh dalam penerapan asesmen kompetensi minimum (AKM) terhadap
motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan budi pekerti Kelas 7-8
di SMPN 1 Galis Kabupaten Pamekasan?
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pendekatan kuantitatif yang bersifat korelasi.
Instrumen penelitian yang digunakan yaitu angket dengan 55 sampel dan observasi. Sedangkan
analisis data yang digunakan yaitu analisis statistik deskriptif dan uji korelasi rank spearman
dengan menggunakan program SPSS.
Tidak tersedia versi lain