Text
Upaya Pengenalan Tokoh Pahlawan Nasional Menggunakan Buku Bergambar untuk Meningkatkan Pemahaman Sejarah Siswa Kelas 4 MI Al-Falah 2 Bangkes Kadur Pamekasan
Kata Kunci: Pendidikan, Pembelajaran, Sejarah, Pahlawan, Buku Bergambar.
Manusia sebagai makhluk sosial yang akan hidup berdampingan dengan
masyarakat sangat penting untuk diperkenalkan dengan kajian sejarah untuk
menanamkan nilai afektif seperti sikap menghargai, cinta tanah air, cinta budaya,
dan sikap lain yang akan muncul dalam pembelajaran sejarah khususnya sejarah
pahlawan nasional. Pasalnya guru dalam pembelajaran sejarah masih menuntut
siswa untuk menghafal bukan memahami, sehingga diperlukan media
pembelajaran buku bergambar untuk membuat siswa tertarik terhadap
pembelajaran sejarah yang dianggap monoton dan membosankan. Tujuan
penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana upaya penerapan media buku
bergambar untuk meningkatkan pemahaman sejarah siswa kelas 4 MI Al-Falah 2
Bangkes Kadur Pamekasan.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian
tindakan kelas (PTK) pendekatan kualitatif dengan dilakukan 2 siklus, setiap
siklusnya terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi.
Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 4 MI Al-Falah 2 Bangkes kadur
pamekasan tahun ajaran 2022-2023 dengan jumlah 17 siswa. Teknik
pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti yaitu wawancara, observasi, tes
dan dokumentasi. KKM untuk pembelajaran sejarah tema 5 kelas 4 MI Al-Falah 2
Bangkes Kadur Pamekasan.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa ada peningkatan dalam
pemahaman sejarah siswa setelah dilakukan upaya pengenalan tokoh pahlawan
nasional menggunakan media buku bergambar, hal ini dapat dilihat dari perolehan
persentase ketuntasan belajar siswa pada setiap siklus. Persentase ketuntasan
belajar siswa pada pra-siklus adalah 0% dan mengalami peningkatan pada siklus 1
yaitu 35,29%, lalu pada siklus 2 meningkat lagi menjadi 88,23%. Upaya
pengenalan tokoh pahlawan menggunakan buku bergambar untuk meningkatkan
pemahaman sejarah siswa kelas 4 MI Al-Falah 2 Bangkes kadur pamekasan
dilakukan dengan 4 Tahapan, yaitu Perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi.
Tidak tersedia versi lain