Text
Pelaksanaan Haflah Imtihan Dalam Peningkatan Motivasi Belajar Rumpun Pendidikan Agama Islam Anak Di MI Miftahul Ulum Bajur Waru Pamekasan
Kata Kunci: Haflah Imtiahan, Motivasi belajar.
Pendidikan Agama Islam bagi anak merupakan sarana dalam menyiapkan
peserta didik untuk memahami, mengenal, bertakwa, dan mengimani ajaran
agama islam dari sumber utamanya yaitu Al-qur`an dan hadist, melalui kegiatan
pembelajaran dan bimbingan. Salah satu faktor pendukung untuk menentukan
keefektifan dalam proses belajar mengajar yaitu motivasi belajar. Dan salah satu
upaya untuk meningkatkan motivasi belajar pendidikan agama anak yaitu
melalui pelaksanaan haflah imtihan. Salah satu sekolah yang melaksanakan
haflah imtihan dalam peningkatan motivasi belajar pendidikan agama islam anak
adalah MI Miftahul Ulum Bajur Pamekasan.
Tujuan dalam penelitian ini Pertama; Untuk mengetahui pelaksanaan
Haflah Imtihan pada peningkatan motivasi belajar rumpun pendidikan agama
islam anak di MI Miftahul Ulum Bajur Waru Pamekasan; kedua Untuk
mengetahui Apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan
haflah imtihan pada peningkatan motivasi belajar rumpun pendidikan agama
islam anak di MI Miftahul Ulum Bajur Waru Pamekasan; ketiga Untuk
mengetahui dampak pelaksanaan Haflah Imtihan pada peningkatan motivasi
belajar rumpun pendidikan agama islam anak di MI Miftahul Ulum Bajur Waru
Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan Jenis
penelitian deskriptif. Data yang dikumpulkan diperoleh dari hasil observasi,
wawancara, dan dokumentasi. Informannya adalah kepala sekolah, guru, siswa
dan masyarakat atau wali murid di MI Miftahul Ulum. Sedangkan pengecekan
keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan keikutsertaan, ketekunan
pengamatan, dan triangulasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pertama; Pelaksanaan haflah
imtihan dalam peningkatan motivasi belajar pendidkan agama islam anak di MI
Miftahul Ulum merupakan program tahunan yang diadakan setelah hari raya Idul
fitrih. Haflah imtihan ini berlangsung selama 7 hari yang diisi dengan lomba
ilmiah dan jasmani/olahraga, pawai akbar, pemberian hadiah sekaligus pengajian
akbar. Kedua; Faktor pendukung dalam pelaksanaan haflah imtihan pada
peningkatan motivasi belajar pendidikan agama islam anak di MI Miftahul Ulum
Bajur Pamekasan yaitu: Guru, Siswa, Masyarakat. Sedangkan faktor
penghambatnya yaitu pendanaan. Ketiga; Dampak dilaksanakannya haflah
imtihan di MI Miftahul ulum pada peningkatan motivasi belajar pendidikan
agama islam anak diantaranaya yaitu: Anak semakin termotivasi dan semangat
dalam belajar, berkarya, dan berkompetisi, Anak lebih rajin dalam belajar dan
mengerjakan tugas, Anak lebih disiplin waktu, Anak lebih kreatif dan semakin
aktif dalam mengikuti pembelajaran didalam kelas, Anak lebih percaya diri
dan mental anak semakin kuat
Tidak tersedia versi lain