Text
Strategi Guru Ngaji Dalam Meningkatkan Minat Belajar Ngaji Pada Anak-anak Di Langgar Nurus Sholah Di Desa Pandian Sumenep
Kata Kunci: Strategi Guru Ngaji, Minat Mengaji Anak-anak
Belajar mengajar Al-Qur’an merupakan kewajiban setiap umat muslim. Di
jaman sekarang banyak yang belum lancar membaca Al-Qur’an. Oleh sebab itu,
hendaknya mulai sejak usia dini anak-anak sudah diajarkan membaca Al-Qur’an.
Keberadaan kegiatan mengaji di tengah masyarakat sangat diperlukan untuk
mengajari anak-anak membaca Al-Qur’an. Salah satunya kegiatan mengaji yang
dilaksanakan di langgar Nurus Sholah. Namun, penurunan minat mengaji pada
kalangan anak-anak menjadi faktor utama dalam permasalahan ini. Oleh karena itu,
guru ngaji memiliki tanggung jawab untuk meningkatkan minat mengaji bagi anakanak.
Penelitian ini menjelaskan tentang “Strategi Guru Ngaji Dalam Meningkatkan
Minat Belajar Ngaji Pada Anak-anak Di Langgar Nurus Sholah Di Desa Pandian
Sumenep”. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kualitatif deskriptif,
artinya penulis akan mendeskripsikan metode pengumpulan data berasal dari
observasi, dokumentasi, dan wawancara. Sumber data primer dalam penelitian ini
langsung dari sumber datanya yaitu guru ngaji, anak-anak, dan kiai langgar.
Sedangkan sumber data sekunder dalam penelitian ini adalah dokumen dan arsip.
Teknik analisis data yang digunakan ialah teknik reduksi data, penyajian data, dan
verifikasi atau penarikan kesimpulan. Fokus penelitian ini diantaranya ialah:
bagaimana strategi guru ngaji dan cara pengaplikasiannya dalam meningkatkan
minat belajar ngaji pada anak-anak di langgar Nurus Sholah, apa saja kendala yang
dihadapi guru ngaji dalam meningkatkan minat belajar ngaji pada anak-anak di
langgar Nurus Sholah, dan bagaimana solusi guru ngaji untuk mengatasi kendala
yang dihadapi dalam meningkatkan minat belajar ngaji pada anak-anak di langgar
Nurus Sholah.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, strategi guru ngaji dan cara
pengaplikasiannya dalam meningkatkan minat belajar ngaji pada anak-anak di
langgar Nurus Sholah diantaranya ialah: memberikan motivasi kepada anak-anak
tentang pentingnya belajar Al-Qur’an, menyiapkan kesiapan guru ngaji untuk
mengajar, mengkomunikasikan dengan orang tua anak, dan mengajarkan ilmu
tajwid kepada anak-anak. Adapun kendala-kendala yang dihadapi guru ngaji dalam
meningkatkan miant belajar ngaji pada anak-anak di langgar Nurus Sholah
diantaranya ialah: kurangnya minat anak dalam mengaji, kurangnya metode dalam
mengajar, tidak adanya pengelompokan sesuai tingkatan mengaji, dan pengaruh
teknologi. Adapun solusi guru ngaji untuk mengatasi kendala dalam meningkatkan
minat belajar ngaji pada anak-anak di langgar Nurus Sholah diantaranya ialah:
meningkatkan minat anak dalam mengaji, menambah metode dalam mengajar,
membuat kelompok tingkatan mengaji, dan menambah tenaga pengajar
Tidak tersedia versi lain