Text
Pengaruh Metode Drill (Latihan) Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Fiqih di MA Al-Huda Desa Lembung Barat Kecamatan Lenteng Kabupaten Sumenep
Kata Kunci : Metode Drill, Hasil Belajar, Siswa
Metode merupakan salah satu upaya untuk mencapai tujuan, dan
penggunaan metode drill/latihanpun juga merupakan upaya guru untuk mencapai
tujuan pendidikan yang telah ditetapkan dengan meningkatkan hasil belajar siswa, di
samping untuk membangkitkan minat belajar siswa. Metode drill adalah suatu
metode mengajar dengan memberikan kegiatan latihan keterampilan secara berulang
kepada peserta didik agar siswa memiliki keterampilan yang terkait materi yang
dipelajari. Metode drill (latihan) diterapkan dalam pembelajaran yang sudah
dilaksanakan oleh guru di MA Al-Huda Desa Lembung Barat.
Berdasarkan fakta tersebut, maka rumusan masalah yang diambil dalam
penelitian ini adalah seberapa besar Pengaruh Metode Drill (Latihan) Terhadap Hasil
Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Fiqih di MA Al-Huda Desa Lembung Barat
Kecamatan Lenteng Kabupaten Sumenep. Jenis penelitian ini menggunakan
pendekatan kuantitatif dengan menggunakan analisis regresi linear sederhana. Sampel
dalam penelitian ini sebanyak 80 siswa responden. Sedangkan teknik pengumpulan
data pada penelitian ini menggunakan teknik observasi, angket/kuesioner, dan
dokumentasi.
Tidak tersedia versi lain