Text
Adab Peserta Didik dalam Membentuk Karakter Kepatuhan Terhadap Pendidik Perspektif Syaikh Muhammad Amin Al-Kurdi Al-Ibrii dalam Kitab Tanwir Al Qulub
Kata Kunci: Adab, peserta didik, pendidik, Muhammad Amin, Tanwir Al
Qulub.
Kebutuhan terhadap penanaman adab dalam dunia pendidikan merupakan
respon terhadap praktik adab di masyarakat. Penguatan nilai-nilai adab dalam
proses pendidikan sangat relevan untuk mengatasi krisis moral yang terjadi
dikalangan masyarakat. Salah satu tokoh pendidikan islam yang memberikan
kontribusi terhadap dunia pendidikan Islam yaitu Syaikh Muhammad Amin alKurdi. Pemikiran beliau dipengaruhi oleh penguasaannya dibidang Tasawwuf
sehingga menekankan pada aspek budi pekerti.
Dalam penelitian ini peneliti menggunakan jenis Libarary Research
(peneliatian kepustakaan) dengan pendekatan kualitatif. Dikarenakan data yang
digunakan dalam penelitian ini merupakan data kualitatif, berupa literature yang
berkaitan dengan adab peserta didik terhadap pendidik perspektif Syaikh
Muhammad Amin Al-Kurdi dalam kitab Tanwir Al Qulub. Adapun data primer
yang digunakan dalam penelitian ini adalah kitab Tanwir Al Qulub karya Syaikh
Muhammad Amin Al-Kurdi. Teknik pengumpulan data menggunakan studi
dokumentasi terhadap data primer. Analisis data dilakukan dengan Analisis isi
dan Grunded Theory. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan dengan
ketekunan
Berdasarkan hal tersebut, maka ada dua pokok permasalahan yang menjadi
kajian penelitian ini, yaitu; pertama Bagaimana adab peserta didik terhadap
pendidik perspektif Syaikh Muhammad Amin Al-Kurdi dalam kitab Tanwir Al
Qulub?. Kedua Bagaiaman konsep kepatuhan peserta didik terhadap pendidik
perspektif perspektif Syaikh Muhammad Amin Al-Kurdi dalam kitab Tanwir Al
Qulub?.
Berdasarkan hasil analisis ada 26 adab peserta didik terhadap pendidik
diantaranya: Ridha/rela dengan perbuatan Pendidik, Tidak menentang perilaku
Pendidik, Ketika bersama pendidik niatkan untuk mendekatkan diri dengan Allah,
Patuh terhadap pendidik, Tidak mengawasi tingkah laku pendidik, Yakin terhadap
berkah sang pendidik, Tidak menyimpan rahasia dari pendidik, Ketika ada
masalah lapor terhadap pendidik, Tidak mengumbar aibnya pendidik, Tidak
menikahi perempuan yang hendak dinikahkan oleh pendidik atau mengawini
perempuan yang sudah di thalaqnya, Tidak memberikan argument pada saa
musyawarah kecuali dimintanya, Menjaga pendidik baik pada saat bersamanya
atau tidak, Menjaga keluarga pendidik, Ketika peserta didik timbul sifat ujub atau
penyakit hati lainnya maka segera melapor terhadap pendidik, Menghargai
pemberian pendidik.
Tidak tersedia versi lain