Text
Penanaman Nilai-nilai Integritas pada Anak dalam Keluarga (Telaah Pemikiran Jamal Abdurrahman dalam Kitab Athfāl alMuslimīn Kaifa Rabbāhum al-Nabi al-Amīn)
Kata Kunci: nilai-nilai integritas, anak dalam keluarga, kitab Athfāl al-Muslimīn
Kaifa Rabbāhum al-Nabi al-Amīn.
Islam dengan ajarannya yang kompleks memberikan porsi khusus mengenai
pendidikan anak dan pembentukan kepribadiannya. Tugas mendidik dan
membentuk kepribadian tersebut telah dicontohkan langsung oleh Rasulullah
sebagai pembawa risalah Islam untuk dapat diteladani oleh penerus risalah dan
setiap orang yang memiliki tanggungjawab atas anak khususnya orang tua.
Pembentukan kepribadian anak menjadi pribadi berintegritas dapat dilakukan
sedini mungkin di lingkungan keluarga dengan menanamkan nilai-nilai integritas
itu sendiri. Dalam hal ini, Jamal Abdurrahman dalam tulisannya seputar “keluarga
dan anak” telah mengurai bentuk dan tahapannya dengan merujuk pada hadits
shahih tentang didikan Rasulullah terhadap anak-anak kaum muslimin.
Sesuai latar belakang di atas, maka fokus penelitian dalam penelitian ini adalah
(1) Apa sajakah unsur nilai-nilai integritas dalam kitab Athfāl al-Muslimīn Kaifa
Rabbāhum al-Nabi al-Amīn yang ditulis oleh Jamal Abdurrahman? (2)
Bagaimanakah penanaman nilai-nilai integritas pada anak dalam keluarga
menurut pemikiran Jamal Abdurrahman dalam kitab Athfāl al-Muslimīn Kaifa
Rabbāhum al-Nabi al-Amīn?
Tesis ini menggunakan penelitian kepustakaan yang sumber utamanya dari buku,
jurnal dan dokumenter lainnya. Dalam hal ini penulis menyiapkan sumber-sumber
yang diambil dari buku primer dan sekunder yang mendukung untuk menjawab
permasalahan dalam fokus penelitian.
Dari hasil tesis ini dapat diambil kesimpulan bahwa unsur nilai-nilai integritas
dalam kitab Athfāl al-Muslimīn Kaifa Rabbāhum al-Nabi al-Amīn ada tiga
meliputi; (1) jujur, (2) amanah, dan (3) berani. Adapun penanamannya terdiri dari
beberapa tahapan meliputi; (1) pra pernikahan, (2) pasca pernikahan, (3) pasca
persalinan, (4) pasca memasuki usia kanak-kanak, (5) pasca memasuki usia
remaja, dan (6) pasca memasuki usia dewasa.
Tidak tersedia versi lain