Text
Pengembangan Modul Nilai-Nilai Karakter Berbasis Digital untuk Siswa MTsN 1 Sampang
Kata Kunci: Modul, Nilai-Nilai Karakter, Digital, Siswa MTsN 1 Sampang.
Modul adalah suatu unit yang lengkap berdiri sendiri, dan terdiri dari
suatu rangkaian kegiatan belajar dalam mencapai suatu tujuan yang
dirumuskan secara khusu dan jelas, dalam sumber lain, dinyatakan bahwa
modul ialah sejenis satuan kegiatan belajar yang terencana dan didesain oleh
guru guna membantu peserta didik didalam mencapai suatu tujuan tertentu. Isi
didalam modul pun dapat menanamkan nilai-nilai karakter pada siswa.
Di era digital ini semuanya sudah rata-rata bisa mengakses yang
berkaitan dengan internet, apalagi dalam lingkungan sekolah sekarang bisa
menjadi tantangan yang berpengaruh sekali terhadap perkembangan anak dan
pembentukan karakter pada anak dizaman sekarang ini. Guru pun juga harus
ekstra menjadi motivator yang berdampak pada pembentukan karakter anak,
dalam hal ini proses pembelajaran yang sudah bisa menggunakan teknologi
akan membuat siswa tertarik dalam mengikuti pembelajaran. Berdasarkan hal
tersebut, maka ada tiga rumusan masalah yang menjadi pokok kajian
penelitian ini. Pertama, Bagaimana pengembangan modul nilai-nilai karakter
berbasis digital untuk siswa MTsN 1 Sampang?. Kedua, Bagaimana
keefektian pengembangan modul nilai-nilai karakter berbasis digital untuk
siswa MTsN 1 Sampang?. Ketiga, Apa saja tantangan pengembangan modul
nilai-nilai karakter berbasis digital untuk siswa MTsN 1 Sampang?.
Penelitian ini menggunakan kualitatif dengan jenis deskriptif, dengan
sumber data diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi.
Informannya adalah waka kurikulum, kesiswaan, siswa, dan guru MTsN 1
Sampang. Sedangkan pengecekan keabsahan datanya mengamati dengan
tekun dan teliti. Penelitian ini dimulai pada tanggal 20 Februari 2023 di MTsN
1 Sampang.
Hasil penelitian, menunjukkan bahwa yang pertama ialah
mengembangkan modul nilai-nilai karakter berbasis digital pada saat proses
pembelajaran sangat mendukung dalam meningkatkan minat belajar siswa,
yang kedua dapat menanamkan nilai-nilai karakter kepada siswa serta dapat
membuat guru lebih kreatifitas dalam menciptakan materi yang menarik, dan
yang ketiga yaitu meningkatkan kesadaran siswa akan pentingnya pendidikan
karakter dimasa era digita
Tidak tersedia versi lain