Text
Kompetensi Pedagogik Guru Dalam Menumbuhkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih di MA Sumber Bungur Pakong Pamekasan
Kata Kunci: Kompetensi Pedagogik Guru, Motivasi Belajar, Pembelajaran Fiqih.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh salah satu masalah yang dihadapi oleh dunia pendidikan kita
yaitu seorang guru yang harus mampu memberikan pemahaman terhadap materi pembelajaran
dalam proses belajar mengajar yang sedang berlangsung, sehingga Motivasi Belajar Siswa yang
kurang baik, Salah satu bentuk optialisasinya ialah kompetensi pedagogik guru.
Ada dua fokus penelitian yang menjadi kajian utama penelitian ini, yaitu: pertama,
Bagaimana gambaran kompetensi pedagogik guru fiqih di MA Sumber Bungur Pakong
Pamekasan. Kedua Bagaimana upaya guru dalam menumbuhkan motivasi belajar siswa di MA
Sumber Bungur Pakong, Pamekasan dengan berdasarkan kompetensi pedagogik. Penelitian ini
menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitiannya adalah deskriptif. Pengumpulan data
dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dengan melakukan
reduksi data, menyajikan data, penariakan kesimpulan. Data yang diperoleh di cek keabsahan
datanya dengan perpanjangan keikutsertaan,dan trianggulasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: pertama, Kompetensi pedagogik guru fiqih sangat
baik dan berpengaruh terhadap lancarnya proses pembelajaran, hal ini karena, guru sebelum
memberikan materi pembelajaran pertama yang dilakukan oleh seorang adalah memahami
kemampuan setiap siswa di dalam kelas. Metode yang dipakai dalam proses pembelajaran di
dalam kelas adalah metode ceramah dan diskusi, hal ini dilakukan untuk mengukur sejauh mana
siswa-siswi memahami materi pembelajaran yang diberikan. Evalauasi yang digunakan dalam
melihat kemampuan siswa-siswi di dalam kelas adalah dengan melakukan penilaian harian (PH)
dan evaluasi ini dilakukan setiap selesai materi pembelajaran yang diberikan, hal ini dilakukan
untuk melihat kemampuan siswa terhadap materi pembelajaran yang sudah diberikan. Kedua,
Dalam menumbuhkan motivasi belajar siswa, yakni seorang guru memberikan reward atau nilai
tambah terhadap siswa-siswi yang memiliki kemampuan yang lebih, dan juga siswa-siswi akan
mendapatkan punishment dari guru jika ditemukan dalam proses belajar mengajar tidak serius
atau tidak fokus pada materi yang diberikan. Bentuk dari kompetensi pedagogik yang diberikan
oleh guru yakni dengan memberi ulangan dan hadiah pada setiap selesainya materi
pembelajaran.
Tidak tersedia versi lain