Text
Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Aswaja Peserta Didik Di MTs AL-ULA III Pamoroh Kadur Pamekasan
Kata Kunci: Strategi Guru, dan Karakter ASWAJA
Penelitian ini membahas tentang Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam
Membentuk Karakter Aswaja Peserta Didik Di MTs AL-ULA III Pamoroh Kadur Pamekasan
yang saat ini penting bagi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi guru
pendidikan agama islam dalam membentuk karakter aswaja.
Adapun penelitian ini memiliki tiga fokus penelitian yang menjadi pembahasan pokok
sebagai berikut: Pertama, Bagaimana strategi guru pendidikan agama Islam dalam membentuk
karakter Aswaja peserta didik di MTS Al-Ula III Pamoroh Kadur Pamekasan? Kedua, Apa saja
faktor pendukung dan faktor penghambat yang dialami guru dalam membentuk karakter Aswaja
kepada peserta didik di MTS Al-Ula III Pamoroh Kadur Pamekasan? Ketiga, Bagaimana solusi
guru dalam menghadapi hambatan dalam membentuk karakter Aswaja kepada peserta didik di
MTS Al-Ula III Pamoroh Kadur Pamekasan?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif
deskriptif. Sumber data yang diperoleh melalui wawancara tidak terstruktur, observasi, dan
dokumentasi.Yang menjadi informan adalah kepala sekolah, guru, dan peserta didik. Sedangkan
pengecekan keabsahan data dilakukan melalui triangulasi sumber dan metode.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, Dalam menerapkan strategi guru
pendidikan agama islam dalam membentuk karakter aswaja pada peserta didik itu dilakukan
dengan cara mengaji bersama sebelum pembelajaran dimulai. Sebagai penutup pembelajaran
yaitu dengan membaca sholawat nariyah bersama. sholat dzuhur berjemaah. sholawat bersama
yang dipimpin langsung oleh guru pendidikan agama Islam. Strategi tersebut benar-benar
diterapkan dan terpantau dengan baik oleh kepala sekolah MTs Al-Ula III Pamoroh Pamekasan.
Kedua, Faktor yang mendukung bagi Pembelajaran Agama dalam Pembentukan Karakter
Aswaja MTs Al-Ula III Pamaroh Kadur Pamekasan adalah faktor lingkungan dan adanya
pengawasan dari para pendidik di lingkungan sekolah. Lingkungan sangat berperan penting
dalam perilaku peserta didik khususnya di MTs Al-Ula III Pamaroh Kadur Pamekasan, sebab
dari sinilah perbuatan-perbuatan yang terus menerus dan terstruktur masih diberikan kepada
peserta didik, sehingga peserta didik diharapkan dapat merubah perilakunya sesuai yang
diharapkan. Madrasah Aliyah yang telah memberikan lingkungan yang menunjang, dan faktor
penghambat adalah perubahan perilaku terhadap pembelajaran aswaja. Ketiga, Menanamkan
karakter Aswaja ini tidak bisa menghasilkan uot put yang diinginkan tanpa ada kegiatan aktif
dan berkesinambungan. Sebagainya strategi dalam pengembangan disiplin keilmuan, maka
pendidikan karakter berbasis nilai Ahlussunnah Wal Jamaah ini memerlukan strategi jitu agar
bisa berdampak positif terhadap anak didik.
Tidak tersedia versi lain