Text
“Penerapan Metode Bernyanyi Untuk Peningkatan Hafalan Nadhom Al-Miftah Di Pondok Pesantren Matsaratul Huda Panempan Pamekasan”,
Kata Kunci: Penerapan Metode Bernyanyi, Hafalan, Nadhom Al-Miftah
Hafalan Nadhom yang ada di Pondok Pesantren Matsaratul Huda Panempan
Pamekasan merupakan hafalan yang sulit di pahami karena santri bosan dalam
menghafal. Sehingga peneliti menggunakan metode bernyanyi supaya santri mudah
mengingat hafalan, baik hafalan nadhom maupun hafalan lainnya, tujuannya
dengan menggunakan metode bernyanyi santri lebih semangat dalam menghafalkan
dan tidak bosan, mudah dalam mengingat hafalan nadhomnya dan santri dapat
mengekspresikan dalam komunikasi yang menyenangkan dengan temannya dan
lebih teringat dalam pikirannya.
Fokus masalah dalam penelitian ini adalah : Pertama, Bagaimana
pelaksanaan Penerapan Metode Bernyanyi dalam Pelajaran Nadhom Al-Miftah Di
Pondok Pesantren Matsaratul Huda Panempan Pamekasan?. Kedua, Bagaimana
keberhasilan dari Metode Bernyanyi Terhadap Santri Penghafal Nadhom Al-Miftah
Di Pondok Pesantren Matsaratul Huda Panempan Pamekasan.
Dalam penelitian ini yang dilakukan oleh peneliti menggunakan pendekatan
kualitatif dengan jenis penelitian fenomonologi. Sumber data diperoleh melalui
wawancara, observasi, dokumentasi. Informasinya adalah kepala pondok, pengajar
nadhom al-miftah, santri di pondok pesantren matsaratul huda. Sedangkan
pengecehan keabsahan data dilakukan melalui perpajangan pengamatan,
triangulasi.
Hasil penelitian di atas yaitu : Nadhom al-miftah merupakan kitab nadhom
yang mana didalamnya menjelaskan tentang seluruh isi yang ada di kitab Al-Miftah
lil ulum jilid 1 sampai jilid 4 danberupa bahasa arab beserta artinya, danpenjelasan
dengan memakai bahasa Indonesia namun ditulis dengan tulisan arab (pegon).
Pelaksanaan nadhom al-miftah setiap hari pertama memuroja’ah terlebih dahulu
setelah memuroja’ah ustad memberikan contoh lagu kepada santri dan diikuti para
santri. Dengan menggunakan bernyanyi snatri lebih senang dalam hafalan maupun
pelajarannya. Keberhasilan dari metode bernyanyi yaitu dengan nilai atau dengan
diadakan lomba untuk mengetahui hasil peningkatan dengan menggunakan
bernyanyi. Keberhasilan yang dilakukan ustad mendapatkan hasil yang maksimal
santri merasa lebih semangat dalam menghafal karena dengan menggunakan
metode bernyanyi.
Tidak tersedia versi lain