Text
Optimalisasi Ko-Kurikuler Tasmi’ dalam Peningkatan Kemampuan Menghafal Al-Qur’an Siswa SD Ad-Dzikir Prenduan Sumenep Madura
Kata Kunci: ko-kurikuler Tasmi’, kemampuan menghafal Al-Qur’an, SD AdDzikir.
Kegiatan Kokurikuler merupakan kegiatan pembelajaran atau tambahan
waktu untuk membantu anak didik dalam hal pendalaman materi tertentu yang
ada pada kegiatan intrakurikuler, kegiatan tersebut bertujuan untuk memudahan
siswa menghafal Al-Qur’an. Salah satunya sekolah SD Ad-Dzikir mengadakan
kegiatan ko-kurikuler berupa pelaksanaan ketahfidzan yaitu kegiatan Murottal
atau mengaji bersama dengan mendengarkan bacaan surat-surat pendek Juz 30
melalui audio berupa speaker dengan Tartil Muh Taja al-Junayd. Kegiatan
murottal dilaksanakan pada pagi hari 30 menit sebelum masuk jam Kegiatan
Belajar Mengajar (KBM) dengan didampingi oleh guru wali kelas, pada proses
kegiatan murottal tersebut diharapkan bisa membantu siswa lebih mudah
mengingat dengan hafalan Al-Qur’annya. Dikarenakan setiap siswa memiliki IQ
yang berbeda-beda, maka dari itu sebuah metode dan keprofesionalan guru dalam
mengajarkan Al-Qur’an sangat berpengaruh atas keberhasilan dalam menghafal
Al-Qur’an.
Fokus dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana pelaksanaan kokurikuler Tasmi’ dalam peningkatan kemampuan menghafal Al-Qur’an siswa SD
Ad-Dzikir Prenduan Sumenep Madura (2) Apa faktor pendukung dan penghambat
serta solusinya dalam pelaksanaan ko-kurikuler Tasmi’ dalam peningkatan
kemampuan menghafal Al-Qur’an siswa SD Ad-Dzikir Prenduan Sumenep
Madura (3) Bagaimana gambaran keberhasilan pelaksanaan ko-kurikuler Tasmi’
dalam peningkatan kemampuan menghafal Al-Qur’an siswa SD Ad-Dzikir
Prenduan Sumenep Madura.
Untuk menjawab permasalahan ini, dilakukan penelitian dengan
pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus diskriptif. Lokasi
penelitian di SD Ad-Dzikir, berlokasi di Prenduan kabupaten Sumenep Jawa
Timur. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi non partisipan,
wawancara semi terstruktur dan metode dokumentasi terhadap sejumlah sumber
terkait. Teknik analisis data dilakukan meliputi kondensasi data, penyajian data
dan verivikasi data. Penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi
metode.
Hasil penelitian ini menujukkan bahwa: (1) Pelaksanaan ko-kurikuler
Tasmi’ dalam peningkatan kemampuan menghafal Al-Qur’an siswa SD Ad-Dzikir
Prenduan Sumenep Madura dilaksanakan setiap pagi, sebelum kegiatan belajar
mengajar dimulai selama 30 menit pada pukul 07.00-07.30 WIB. Kegiatan
tersebut berupa kegiatan Murottal yang berisikan lantunan surat-surat yangdidengarkan secara bersama-sama, kemudian siswa-siswi mengulangkan ayat
tersebut secara bersamaan. Selain itu juga, penilaian Tasmi’ Al-Qur’an dilihat dari
aspek: Makhrijul Huruf, Tajwid, Fashohah, dan Nagham (lagu). Dengan adanya
media Murottal/MP3 tersebut dapat mendukung proses pelaksanaan ko-kurikuler
Tasmi’ dalam menghafalkan Al-Qur’an. (2) Faktor pendukung pelaksanaan kokurikuler Tasmi’, yaitu: keinginan yang kuat untuk menjadi Hafiz atau Hafidzah,
adanya dukungan penuh dari orang tua, adanya pemilihan media Murottal atau
MP3 sebagai media pembelajaran yang memudahkan siswa menghafalkan AlQur’an, dan motivasi dari guru. Sedangkan faktor penghambat yaitu: adanya
beberapa orang tua yang acuh tak acuh terhadap pendidikan anaknya terutama
orang tua yang merantau, dan perbedaan kemampuan atau daya hafal setiap
siswa. Sementara solusi yang bisa dilakukan adalah: guru harus kreatif mencari
solusi agar siswa-siswi tekun mengikuti kegiatan Tasmi’, memadukan
pembelajaran dan permainan yang dikenal dengan belajar sambil bermain. (3)
Gambaran keberhasilan pelaksanaan Tasmi’, diantaranya menjadikan orang tua
sebagai seorang yang memonitoring anaknya dalam penyetoran hafalannya dan
juga memiliki hubungan koordinasi antara orang tua atau wali murid dengan
pihak sekolah atau guru. Selain itu, keberhasilan tersebut juga membawa dampak
positif bagi siswa yang akan melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi
(pondok pesantren) serta secara tidak langsung siswa memiliki kemampuan dasar
dalam pelafalan Al-Qur’an sesuai dengan kaidah yang berlaku.
Tidak tersedia versi lain