Text
Penerapan Program “kultum” dalam melatih kemampuan Public Speaking Siswa di MTs Nasyrul Ulum Bagandan Pamekasan,
Kata Kunci: Kultum, Public Speaking
Latar belakang adanya program kultum ini sebagai jawaban dari keluhan
dewan guru atas siswa yang kebanyakan masih enggan untuk berbicara di depan
kelas. Karena malu dan kurang percaya diri, sehingga dengan adanya program
kultum ini harapan untuk sisiwa lebih giat lagi belajar dan mengasah
kemampuannya.
Berdasarkan hal tersebut, maka diangkat dua rumusan masalah sebagai
berikut: pertama, Bagaimana penerapan program “kultum” dalam melatih
kemampuan public spreaking siswa di MTs Nasyrul Ulum Bagandan Pamekasan ?,
kedua Apa saja faktor pendukung dan penghambat dari penerapan program
“kultum” dalam melatih kemampuan public spreaking siswa di MTs Nasyrul Ulum
Bagandan Pamekasan?. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui
penerapan program “kultum” dalam melatih kemampuan public spreaking siswa di
MTs Nasyrul Ulum Bagandan Pamekasan, untuk mengetahui apa saja faktor
pendukung dan faktor penghambat penerapan program “kultum” dalam melatih
kemampuan public spreaking siswa di MTs Nasyrul Ulum Bagandan Pamekasan.
Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah, penelitian lapangan
dengan mengunakan pendekatan kualitatif, adapun jenis penelitian yang dilakukan
adalah jenis penelitian dekskriptif dengan mengunakan sumber data primer dan
sumber data sekunder. Data primer yang diperoleh oleh peneliti berdasarkan hasil
wawancara dengan Kepala Madrasah, Pembina OSIM, dewan guru, TU, Pengurus
OSIM, dan siswa MTs Nasyrul Ulum Pamekasan, sedangkan data sekunder
diperoleh peneliti dari teks kultum, Jadwal petugas dan dokumentasi kegiatan. Dan
bisa juga berupa bahan refrensi seperti misalnya buku, jurnal, Al Qur’an, yang
berkaitan dengan judul penelitian.
Hasil penelitian yang dilakukan pada penerapan Program “Kultum” dalam
melatih kemampuan public spreaking siswa di MTs Nasyrul Ulum Bagandan
Pamekasan yaitu, Pertama: Menambah wawasan dan pengetahuan siswa tentang
keagamaan, pendidikan, wawasan kebangsaan dan cinta tanah air dan yang
terpenting juga untuk melatih siswa dalam meningkatkan kemampuan public
speakingnya. Dibuktikan juga dengan siswa yang di ikutkan lomba antar sekolah,
mereka bisa dan tebih percaya diri berkat adanya latihan dan pembiasaan dari
program kultum.
Kedua: diketahui faktor pendukung dan penghambat dari program ini adalah,
antusiasme guru dan siswa lebih aktif dan lebih efisien dalam penanaman IMTAQ
dan akhlaq serta literasi sekolah lebih mudah diarahkan. Faktor penghambat ada
tapi masih bisa ditangani dan diberi solusi.
Tidak tersedia versi lain