Text
Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PABP) Pesera Didik Pada Kelas V SDN Pegantenan 2 Kecamatan Pegantenan Kabupaten Pamekasan,
Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif, Tipe Team Games Tournament,
Hasil Belajar.
Penggunaan metode konvensional secara terus menerus oleh pendidik
menyebabkan suasana pembelajaran menjadi lebih membosankan dan monoton
bagi peserta didik, sehingga hal ini juga mempengaruhi hasil belajar. Untuk
mengatasi hal ini dibutuhkan kreativitas dan kemampuan guru dalam penggunaan
metode yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik di dalam kelas. Menurut jean
piaget, tahap perkembangan kognitif dan moral pada anak sekolah dasar yakni
anak-anak belajar melalui permainan di lapangan bersama rekan sebayanya.
Metode pembelajaran yang sesuai dengan pendapat ahli yakni dengan
menggunakan metode kooperatif tipe Team Game Tournement.
Pembelajaran kooperatif tipe team games tournament (TGT) merupakan
salah satu tipe pembelajaran kooperatif yang mudah diterapkan, melibatkan peran
siswa sebagi tutor sebaya dan mengandung permainan dan reinforcement yang
sesuai dengan kebutuhan peserta didik.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui informasi mengenai pengaruh
penerapan model pembelajaran kooperatif tipe team games tournament (TGT)
mengenai peningkatan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran pendidikan
agama islam dan budi pekerti (PABP) pada kelas V di SDN PEGANTENAN 2.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini
dilaksanakan selama 2 siklus pembelajaran dalam 4 kali pertemuan. Dengan
menggunakan pengumpulan data tes tertulis, lembar observasi untuk mengamati
aktivitas mengajar pendidik, metode dokumentasi dan wawancara.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “apakah dengan penggunaan
model pembelajaran kooperatif tipe team games tournemant dapat meningkatkan
hasil belajar mata pelajaran PABP kelas V di SDN pegantenan 2?”
Berdasarkan hasil analisis dari penelitian dapat diketahui bahwa dengan
penerapan model pembelajaran kooperatif tipe team games tournament, hasil
belajar peserta didik mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus II. Siklus I
hasil belajar peserta didik mencapai ketuntasan 76% pada siklus II mencapai 100%.
Berdasarkan hal ini dapat disimpulkan baahwa penerapan model pembelajaran
kooperatif tipe team games tournament dapat meningkatkan hasil belajar peserta
didik pada mata pelajaran PABP pada peserta didik kelas V di SDN pegantenan 2.
Tidak tersedia versi lain