Text
Model Pembelajaran Aqidah Akhlak di MTs Miftahul Qulub Galis Pamekasan
Kata Kunci: Model Pembelajaran, Metode Pembelajaran, Aqidah Akhlak.
Salah satu mata pelajaran yang erat kaitannya dengan karakter adalah
pembelajaran aqidah akhlak. Hal ini dikarenakan pembelajaran aqidah akhlak
merupakan suatu proses kegiatan yang disengaja untuk menanamkan keyakinan
yang kuat sesuai dengan ajaran Islam. Agar pembelajaran aqidah akhlak tercapai
dengan maksimal hingga siswa memperoleh manfaat dari pembelajaran, tentunya
guru harus mengorganisir pembelajaran dengan baik, termasuk model
pembelajarannya. Sebab model pembelajaran yang tepat dapat memberikan
pengaruh yang baik terhadap aktivitas pembelajaran dalam rangka mencapai
tujuan. Oleh karena, siswa MTs Miftahul Qulub Galis Pamekasan menampilkan
karakter yang baik, baik yang ditampilkan oleh siswa mukim dan siswa nyolok.
Maka, peneliti tertarik untuk meneliti tentang model pembelajaran aqidah akhlak
di MTs Miftahul Qulub Galis Pamekasan.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana model pembelajaran
yang diterapkan oleh guru aqidah akhlak di MTs Miftahul Qulub Galis
Pamekasan?, bagaimana metode pembelajaran yang digunakan oleh guru aqidah
akhlak di MTs Miftahul Qulub Galis Pamekasan?, serta bagaimana faktor
pendukung dan penghambat model pembelajaran aqidah akhlak di MTs Miftahul
Qulub Galis Pamekasan?. Untuk menjawab permasalahan ini, dilakukan
penelitian dengan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Lokasi penelitian
dipilih MTs Miftahul Qulub Galis Pamekasan yang beralamat Jl. Masaran
Kecamatan Galis Kabupaten Pamekasan. Pengumpulan data dilakukan dengan
wawancara semi terstruktur, observasi non partisipan, dan dokumentasi. Analisis
data dilakukan melalui tiga alur, yaitu kondensasi data, penyajian data, dan
penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa model yang diterapkan oeh guru
pembelajaran aqidah akhlak di MTs Miftahul Qulub Galis Pamekasan, yaitu
menggunakan model instruksi langsung, model penemuan konsep (discovery
learning), dan model mitra belajar. Sedangkan metode yang digunakan oleh guru
dalam pembelajaran aqidah akhlak di MTs Miftahul Qulub Galis Pamekasan,
yaitu menggunakan metode yang variatif, diantaranya metode ceramah, metode
bercerita, metode tanya jawab, metode diskusi, dan metode penugasan. Sedangkan
faktor pendukung model pembelajaran aqidah akhlak di MTs Miftahul Qulub
Galis Pamekasan, yaitu berada di bawah naungan pesantren, guru memiliki
kompetensi yang baik serta dapat menjadi role model bagi siswa, semangat siswa
dan partisipasi siswa. Adapun faktor penghambat model pembelajaran aqidah
akhlak di MTs Miftahul Qulub Galis Pamekasan, yaitu sulitnya akses internet bagi
siswa mukim, siswa merasa mengantuk ketika mata pelajaran berlangsung,
terbatasnya kontrol madrasah ketika siswa di rumah, serta sarana dan prasarana
yang cukup terbatas dalam menunjang proses pembelajaran seperti belum
tersedianya internet dan LCD proyektor.
Tidak tersedia versi lain