Text
“Peranan Perpustakaan Sekolah dalam Meningkatkan Literasi Agama Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Madrasah Tsanawiyah Miftahul Ulum Lenteng Kecamatan Lenteng Kabupaten Sumenep
Kata Kunci: Peranan, Perpustakaan Sekolah, Literasi Agama
Skripsi ini membahas tentang peranan perpustakaan sekolah dalam
meningkatkan literasi agama siswa pada mata pelajaran pendidikan agama islam
di Madrasah Tsanawiyah Miftahul Ulum Lenteng Kecamatan Lenteng Kabupaten
Sumenep. Penelitian ini bertujuan untukpertama,mendeskripsikan peranan
perpustakaan sekolah dalam meningkatkan literasi agama siswa pada mata
pelajaran pendidikan agama Islam di Madrasah Tsanawiyah Miftahul Ulum
Lentengkedua, untuk mendeskripsikan literasi agama siswa pada mata pelajaran
pendidikan agama Islam di Madrasah Tsanawiyah Miftahul Ulum Lenteng dan
ketigauntuk mendeskripsikan hambatan dan solusi yang dihadapi perpustakaan
sekolah dalam melaksanakan peranannya untuk meningkatkan literasi agama
siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di Madrasah Tsanawiyah
Miftahul Ulum Lenteng.
Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis
penelitian deskriptif. Sumber datayang digunakan adalah sumber data primer
melalui studi lapangan dan sumberdata sekunder melalui studi pustaka dengan
teknik pengumpulan data melaluiobservasi, dokumentasi dan wawancara. Subjek
dari penelitian ini adalah kepalaperpustakaan, staf perpustakaan dan siswa
Madrasah Tsanawiyah Miftahul Ulum Lenteng. Teknik analisis data dalam
penelitian ini mengunakan teknik analisis datakualitatif yang meliputi kondensasi
data, penyajian data, serta penarikankesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) peranan perpustakaan sekolah
berperan penting sebagai edukatif, informative dan rekreatif dalam meningkatkan
literasi agama siswa di Madrasah Tsanawiyah Miftahul Ulum Lenteng; (2) literasi
agama siswa Madrasah Tsanawiyah Miftahul Ulum Lenteng tergolong tinggi, hal
ini dapat dibuktikan dengan banyaknya siswa yang mampu menerapkan literasi
agama dalam kehidupan sehari-hari. Seperti, siswa mampu melaksanakan sholat
dengan baik dan benar; (3) Hambatan dan solusi yang dihadapi perpustakaan
sekolah dalam melaksanakan peranannya untuk meningkatkan literasi agama
siswa yaitu minimnya dana operasional, terbatasnya sumber daya manusia, kurang
kepedulian pihak manejemen sekolah dan belum diaturnya jam khusus bagi siswa
untuk berkunjung ke perpustakaan. Perpustakaan sekolah Madrasah Tsanawiyah
Miftahul Ulum Lenteng telah melakukan berbagai upaya dalam mendukung
peningkatan budaya literasi agama siswa seperti pengadaan koleksi yang sesuai
dengan kebutuhan, pengadaan fasilitas yang memadai, meningkatkan sumber
daya manusia, mengatur jam kunjungan siswa ke perpustakaan sekolah dan
peningkatan layanan perpustakaan melalui pengembangan sistem digitalisasi.
Tidak tersedia versi lain