Text
Peran HMPS PAI Dalam Meningkatkan Mutu Akreditasi Prodi PAI S1 Fakultas Tarbiyah IAIN Madura
Kata Kunci: HMPS PAI, Akreditasi, Prodi PAI.
HMPS PAI Fakultas Tarbiyah IAIN Madura merupakan salah satu organisasi
intrakurikuler yang ada di Prodi Pendidikan Agama islam Dengan adanya HMPS PAI
Fakultas Tarbiyah IAIN Madura, mahasiswa dituntut supaya bisa mengeluarkan
keterampilan intelektual dalam kegiatan HMPS PAI. Penelitian ini bertujuan untuk
menjawab pertanyaan 1) Bagaimana peran HMPS PAI Dalam Meningkatkan Mutu
AkreditasiProdi PAI S1Fakultas Tarbiyah IAIN Madura, 2) Faktor penghambat dan
pendukung Peran HMPS PAI Dalam Mutu Akreditasi Prodi PAI S1 Fakultas Tarbiyah
IAIN Madura
Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif Kualitatif. Sumber data dalam
penelitian ini diperoleh dari beberapa responden yakni Dekan, Wakil Dekan, Kaprodi,
Ketua HMPS PAI, Demisioner BPH HMPS PAI, Pengurus HMPS PAI, Mahasiswa PAI
melalui Wawancara, Observasi dan Dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, peran HMPS PAI dalam
meningkatkan mutmu akreditasi adalah menegenai program kerja yang bisa mendukung
dalam peningkatan mutu tersebut, serta menjadi wadah bagi mahasiswa untuk
menyalurkan minat dan bakatnya. Dalam hal ini HMPS PAI juga dapat memebantu
dalam peningkatan mutu akreditasi dengan prestasi yang di capai. Baik itu di lingkungan
kampus maupun di luar kampus, sedangkan secara bantuan tenaga HMPS PAI juga bisa
berkontribusi dalam pelaksanaan kegiatan yang di laksanakan oleh prodi, membantu
dalam segi informasi terhadap mahasiswa dan juga membantu dalam mempersiapkan
kegiatan yang akan di laksanakan.Kedua, faktor pendukung aktivitas akademik
mahasiswa prodi PAI ditandai dengan pemantaun yang cukup baik dengan cara
dibimbing oleh pihak prodi baik oleh kaprodi, dosen PAI dan penasehat akademik.
Bentuk dukungan yang bisa di lakukan oleh HMPS PAI menjadi foktor pendukung
utama dalam meningkatkan mutu akreditasi dengan kegiatan yang berbasis pengabdian,
penelitian dan pengembangan intelektual mahasiswa dengan kegiatan yang mendukung
perkembangan mahasiswa PAI. HMPS PAI juga bisa terlibat secara langsung terhadap
prodi untuk meningkatkan mutu akreditasi agar pola kerja sama terjalin dengan baik.
Sedangkan dalam faktor penghambat, adalah kurangnya kesadaran mahasiswa untuk
mengikuti kegiatan HMPS PAI atau prodi, dan yang menjadi masalah adalah ketika
kepengurusan HMPS PAI yang tidak aktif ketika sudah menjadi pengurus di HMPS. Hal
ini tentu menjadi bahan evaluasi bagi HMPS PAI, agar lebih selektif lagi dalam
merekrut kepengurusan agar tidak terjadi hal sedemikian
Tidak tersedia versi lain