Text
Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak Bidang Nilai Agama Dan Moral di TKIT Al Irsyad Al Islamiyyah Pamekasan
Kata Kunci: Standar Tingkat Pencapaian, Perkembangan Anak, Nilai Agama Dan
Moral
Agama dan moral memiliki hubungan yang erat. Seseorang taat beragama,
moralnya akan baik. Namun sebaliknya, apabila seseorang memiliki akhlak yang
rendah, maka nilai moral dan agamanya turut merosot. Maka dari itu, guru di TKIT
Al Irsyad Al Islamiyyah Pamekasan menerapakan berbagai strategi dalam proses
pembelajaran agar perkembangan anak bidang nilai agama dan moralnya
berkembang secara optimal.
Ada tiga fokus dalam penelitian ini, yaitu: Pertama, bagaimana strategi untuk
mencapai standar tingkat pencapaian perkembangan anak bidang nilai agama dan
moral di TKIT Al Irsyad Al Islamiyyah Pamekasan. Kedua, apa saja kendala dalam
mencapai standar tingkat pencapaian perkembangan bidang nilai agama dan moral
di TKIT Al Irsyad Al Islamiyyah Pamekasan. Ketiga, bagaimana tingkat
pencapaian perkembangan anak bidang nilai agama dan moral di TKIT Al Irsyad
Al Islamiyyah Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitiannya
deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan
dokumentasi. Analisis data dengan melakukan reduksi data, menyajikan data,
penarikan kesimpulan. Data yang diperoleh di cek keabsahan datanya dengan
perpanjangan keikutsertaan,dan trianggulasi sumber dan metode.
Hasil penelitian menunjukan bahwa: Pertama, strategi untuk mencapai
standar tingkat pencapaian perkembangan anak bidang nilai agama dan moral di
TKIT Al Irsyad Al Islamiyyah Pamekasan, diantaranya ialah menanamkan rasa
cinta kepada Allah, pembiasaan, memberi rasa aman pada anak, memberi
penghargaan, keteladanan, kasih sayang, dan menyediakan waktu untuk anak
bermain. Kedua, Kendala dalam mencapai standar tingkat pencapaian
perkembangan bidang nilai agama dan moral di TKIT Al Irsyad Al Islamiyyah
Pamekasan, diantaranya ialah: a). Kurangnya kerjasama dari orang tua murid. b)
Waktu pembelajaran yang terbatas. c). Perbedaan kemampuan anak dalam
mengikuti pembelajaran. Ketiga, Tingkat pencapaian perkembangan anak bidang
nilai agama dan moral di TKIT Al Irsyad Al Islamiyyah Pamekasan, diantaranya
ialah mayoritas anak berkembang sesuai harapan. Hal ini dapat dilihat dari setiap
indikator capaian perkembangan anak, meliputi: 1) mengetahui agama yang
dianutnya, 2) meniru gerakan beribadah dengan urutan yang benar. 3)
mengucapkan do’a sebelum dan sesudah melakukan sesuatu, 4) mengenal perilaku
baik/sopan dan buruk, 5) membiasakan diri berperilaku baik, 6) mengucapkan
salam dan membalas salam.
Tidak tersedia versi lain