Text
Penerapan Strategi Poster Comment Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Al-Qur’an Hadits di MTs. Miftahul Ulum Larangan Badung Palengaan Pamekasan,
Kata Kunci: Strategi Poster Comment, Hasil Belajar, Pembelajaran AlQur’an Hadits.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa di MTs.
Miftahul Ulum Larangan Badung Palengaan Pamekasan pada pembelajaran AlQur’an Hadits, rendahnya hasil belajar merupakan permasalahan yang diakibatkan
kurang efektifnya guru dalam pembelajaran sehingga siswa kurang aktif yang
menyebabkan hasil belajar siswa menurun, oleh karena itu guru Al-Qur’an Hadits
menerapkan strategi poster comment sebagai alat dalam meningkatkan hasil belajar
siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses penerapan
strategi poster comment dalam mengaktifkan hasil belajar siswa pada pembelajaran
Al-Qur’an Hadits di MTs. Miftahul Ulum Larangan Badung, dan apa saja faktor
pendukung dan penghambat dari penerapan strategi poster comment, serta
bagaimana hasil belajar yang diperoleh siswa setelah guru menerapkan strategi
poster comment di MTs. Miftahul Ulum Larangan Badung Palengaan Pamekasan.
Untuk mencapai tujuan penelitian di atas peneliti menggunakan pendekatan
penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data
yang digunakan oleh peneliti yakni observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan,
serta validasi data yang digunakan melalui beberapa teknik yakni perpanjangan
keikutsertaan, meningkatkan ketekunan, dan triangulasi sumber dan teknik.
Berdasarkan hasil penelitian, peneliti menemukan fakta bahwa guru AlQur’an Hadits di MTs. Miftahul Ulum Larangan Badung Palengaan Pamekasan
telah menerapkan strategi poster comment untuk meningkatkan hasil belajar siswa,
adapun langkah-langkahnya, yaitu: 1). guru memberikan gambar kepada siswa
untuk diamati, 2). siswa diminta memberikan komentar dan pendapat, 3). Guru
menjelaskan materi, 4). Guru memberikan evaluasi dan kesimpulan. Adapun faktor
pendukung dari penerapan strategi poster comment yaitu: Guru dapat
membangkitkan semangat dan keaktifan siswa pada proses pembelajaran, siswa
mudah memahami materi pelajaran, media yang menarik. Sedangkan faktor
penghambat dari penerapan strategi poster comment ini yaitu: Terbatasnya waktu
ketika guru menerapkan strategi poster comment dan waktu bagi siswa memperoleh
materi secara maksimal karena siswa hanya terfokus pada satu media gambar saja.
Hasil belajar yang diperoleh siswa pada pembelajaran Al-Qur’an Hadits sangat
meningkat, sehingga pada proses penerapannya guru berhasil menerapkan strategi
poster comment dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran AlQur’an Hadits.
Tidak tersedia versi lain