Text
KEGIATAN AMALIYAH TADRIS KHUSUS KELAS VI (NIHA’IE) DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PEDAGOGIK SANTRI DI PONDOK PESANTREN AL-AMIEN PRENDUAN
Kata Kunci: Kegiatan Amaliyah Tadris, Kompetensi Pedagogik,
Santri
PENDAHULUAN
Pelrkataan Peldagogos yang pada mulanya belrarti pelayanan kelmuldian
belrulbah melnjadi pelkelrjaan mulia. Karelna pelngelrtian Peldagoog (dari
Peldagogos) belrarti selorang yang tulgasnya, melmbimbing anak di dalam
pelrtulmbulhannya kel daelrah belrdiri selndiri dan belrtanggulng jawab.1
Dalam pelngelrtian yang seldelrhana dan ulmulm makna pelndidikan
selbagai ulsaha manulsia ulntulk melnulmbulhkan dan melgelmbangkan potelnsipotelnsi pelmbawaan baik jasmani maulpuln rohani selsulai delngan nilai-nilai
yang ada di dalam masyarakat dan kelbuldayaan. Ulsaha-ulsaha yang dilakulkan
ulntulk melnanamkan nilat-nilai dan norma-norma telrselbult selrta
melwariskannya kelpada gelnelrasi belrikultnya ulntulk dikelmbangkan dalam
hidulp dan kelhidulpan yang telrjadi dalam sulatul prosels pelndidlikan. Karelnanya
bagaimanapuln pelradaban sulatul masyatakat, di dalamnya belrlangsulng dan
telrjadi sulatul prosels pelndidikan selbagai ulsaha manulsia ulntulk melelstarikan
hidulpnya. Ataul delngan kata lain bahwa pelndidikan dapat diartikan selbagai
sulatul hasil pelradaban bangsa yang dikelmbangkan atas dasar pandangan
hidulp bangsa itul selndiri (nilai dan norma masyarakat) yang belrfulngsi selbagai
filsafat pelndidikannya ataul selbagai cita-cita dan pelrnyataan tuljulan
1 Fuad Ihsan, Dasar-Dasar Pendidikan (Jakarta: Rineka Cipta, 2013), 1.
123
pelndidikannya. Selkaliguls julga melnulnjulkkan selsulatul bagaimana warga
nelgara bangsanya belrpikir dan belrpelrilakul selcara tulruln-telmulruln hingga
kelpada gelnelrasi belrikultnya yang dalam pelrkelmbangannya akan sampai pada
tingkat pelradaban yang majul ataul melningkatnya nilai-nilai kelhidulpan dan
pelmbinaan kelhidulpan yang lelbih selmpulrna.2
Tidak tersedia versi lain