Text
Pembinaan Karakter Islami Siswa Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Tilawatil Qur’an Di SMA Negeri 3 Pamekasan
ata Kunci: Pembinaan Karakter Islami, Ekstrakurikuler Tilawatil Qur’an
Pembinaan karakter berfungsi mengembangkan perilaku dan watak serta
perdaban bangsa yang bermartabat. Hal ini bertujuan untuk berkembangnya
potensi siswa agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan
Yang Maha Esa, berakhlak mulia, tanggung jawab, disiplin dan saling
menghormati. Salah satu upaya dalam membina karakter islami pada siswa di
SMA Negeri 3 Pamekasan, dapat melalui kegiatan ekstrakurikuler keagamaan
yaitu ekstrakurikuler Tilawatil Qur’an yang ada di SMA Negeri 3 Pamekasan.
Berdasarkan hal tersebut di atas, maka dalam skripsi ini ada tiga fokus
masalah yang menjadi kajian pokok, yaitu pertama, bagaimana pelaksanaan
kegiatan ekstrakurikuler Tilawatil Qur’an pada pembinaan karakter islami siswa
di SMA Negeri 3 Pamekasan. Kedua, apa saja faktor pendukung dan penghambat
kegiatan ekstrakurikuler Tilawatil Qur’an pada pembinaan karakter islami siswa
di SMA Negeri 3 Pamekasan. Ketiga, bagaimana gambaran keberhasilan kegiatan
ekstrakurikuler Tilawatil Qur’an pada pembinaan karakter islami siswa di SMA
Negeri 3 Pamekasan.
Adapun metode dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif
dengan jenis deskriptif. Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan
dokumentasi. Informannya adalah kepala sekolah, waka kurikulum, pembina
ekstrakurikuler dan siswa. Sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan
triangulasi sumber dan triangulasi metode.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, Pelaksanaan kegiatan
ekstrakurikuler Tilawatil Qur’an pada pembinaan karakter islami siswa di SMA
Negeri 3 Pamekasan dilaksanakan seminggu sekali dengan dilaksanakan melalui
tiga langkah: pembukaan, kegiatan inti, dan penutup. Dengan menggunakan
metode-metode yang dapat membina karakter islami siswa yaitu metode
pembiasaan, metode motivasi, dan metode keteladanan. Kedua, faktor
pendukungnya adalah penggunaan media yang relevan dengan kebutuhan siswa.
Yaitu media visual dan media audio visual. Selain itu faktor pendukung
berikutnya yaitu kreatifitas pembina dalam memilih dan menggunakan metode
ajar sehingga dengan hal tersebut dapat membina karakter islami siswa dan juga
faktor penghambatnya ialah sulitnya belajar dan rasa malas siswa. Ketiga,
Gambaran keberhasilan kegiatan ekstrakurikuler Tilawatil Qur’an pada
pembinaan karakter islami pada siswa dapat dilihat dari bagusnya nilai akhir siswa
dalam membaca Al-Qur’an serta terwujudnya karakter islami pada siswa, berupa
terwujudnya karakter tanggung jawab, disiplin, dan karakter patuh atau hormat
Tidak tersedia versi lain