Text
Efektifitas metode Tanya Jawab Dalam Pembelajaran Qiraatul Kutub di MTs Ummul Qura Sumber Sari Tattangoh Kec. Proppo Kab. Pamekasan
Kata Kunci: Pelaksanaan Metode Tanya Jawab, Efektifitas Metode Tanya Jawab, Fakto
Pendukung Dan Penghambat.
Belajar adalah suatu kegiatan atau kebutuhan bagi setiap manusia, sedangkan
pembelajaran proses komunikasi dua arah, yang mana didalamnya terdapat yang
menyampaikan dan yang disampaikan yang mana dalam belajar dan pembelajaran mempunyai
tujuan yang jelas dan salah satu kegitan pembelajaran dengan menggunakan metode tanya
jawab. Metode tanya jawab merupakan salah satu metode yang sangat efektif dalam
pembelajaran yakni denagn metode tersebut guru bisa menilai sendiri hasil dari belajar siswa.
Penelitian ini memiliki tiga fokus penelitian. Bagaiamana pelaksanaan metode tanya jawab
dalam pembelajaran Qiroatul Kutub?. bagaimana efektifitas metode tanya dalam pembelajaran
Qiroatul Kutub?. Dan apa saja faktor pendukung dan penghambat metode tanya jawab dalam
pembelajaran Qiroatul Kutub?.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis pendekatan deksriptif.
Sumber data diperoleh dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan di
MTs Ummul Qura Sumber Sari Tattangoh Proppo Pamekasan. Nara sumber yang peneliti
datangi diantaranya kepala Sekolah MTs Ummul Qura Sumber Sari, Guru Pendidikan Agama
Islam, Tim pengajar Qiroatu Kutub, Pengurus Pondok Pesantren Nurul Muttaqin Sumber Sari
dan beberapa siswa MTs Ummul Quro Sumber Sari Tattangoh Proppo Pamekasan. Dan untuk
mengecek keabsahan data dilakukan melalui Triangulasi sumber.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, Proses pelaksanaan metode tanya jawab dalam
pembelajaran Qiroatul Kutub di MTs Ummul Qura Nurul Muttaqin Tattangoh Proppo
Pamekasan, yaitu pertama guru menyampaikan materi tentang pembelajran kemudian
dilajutkan pembacaan Qiroatul Kutub yang mana guru memanggil salah satu siswa untuk
membaca kitab dan dilajutkan dengan pertanyaan seputar dari kitab yang dibaca. Untuk
keefetivitasan, guru sangat kereatif dalam menguasi kelas dan dapat dengan mudah
memastikan anak didiknya aktif dalam menjawab sehingga dengan adanya tanya jawab
tersebut siswa tidak hanya mendapatkan materi pemebalajaran akan tetapi diuji langsung pada
saat pembelajran. Pelaksanaan metode tanya jawab berjalan dengan efektif meski ada beberapa
siswa yang tidak serius dalam mengikuti pelajaran ada yang berbicara sendiri ada yang
bergurau dan juga yang menjadi faktor penghambat yaitu kurangnya waktu untuk melakukan
tanya jawab secara merata pada semua siswa
Tidak tersedia versi lain