Text
Penggunaan Media Pembelajaran Karton Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Di Sekolah Dasar Negeri Galis 1 Pamekasan,
Media pembelajaran karton merupakan segala sesuatu yang digunakan sebagai
perantara antara guru dan siswa yang bertujuan untuk memotivasi siswa serta
mengikuti proses pembelajaran dengan menggunakan media karton yang salah
satu bentuk komunikasi grafis yaitu suatu gambar atau tes untuk menyampaikan
materi secara ringkas.
Berdasarkan hal tersebut, maka ada dua permasalahan yang menjadi kajian
pokok dalam penelitian ini, yaitu : pertama, Bagaimana penggunaan media
pembelajaran karton untuk meningkatkan kualitas pembelajaran Pendidikan
Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 4 di SDN Galis 1 Pamekasan. Kedua,
Bagaimana hasil dari penggunaan media pembelajaran karton pada pembelajaran
Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 4 di SDN Galis 1 Pamekasan.
Peneliti ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif dengan
jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan 2 siklus dan
subjek penelitian sebanyak 13 peserta didik. Untuk sumber data yang diperoleh
melalui wawancara, observasi, dokumentasi serta tes.
Penggunaan media pembelajaran karton yaitu dapat digunakan untuk
meningkatkan kualitas pembelajaran peserta didik pada mata pelajaran pendidikan
Agama Islam dan Budi Pekerti, karena dengan penggunaan media Pembelajaran
karton ini memberikan semangat untuk belajar dan tentunya tidak bosan karena
bisa melihat gambar dan teks sehingga dijadikan lebih ringkas sehingga
mempermudah pemahaman siswa terhadap pelajaran tentang mengenal shalat
Jumat, duha dan tahajud. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : Pertama, pada
siklus I sebelum memakai media pembelajaran karton, kualitas pembelajaran
peserta didik termasuk kategori kurang baik, dengan hasil yang diperoleh yaitu
nilai rata-rata hanya mencapai 73,84% dan persentase ketuntasan peserta ddik
yaitu 69,23%. Kedua Sedangkan pada siklus II dengan adanya penggunaan media
pembelajaran karton, kualitas pembelajaran peserta didik ada peningkatan
termasuk kategori amat baik, dengan hasil yang diperoleh nilai rata-rata yaitu
87,69% dan persentase ketuntasan menjadi 92,30%. Jadi melihat pada siklus II
ada peningkatan nilainya maka peneliti berhenti dan tidak melanjutkan penelitian
selanjutnya, sehinggan bisa dikatakan bahwa penggunaan media pembelajaran
karton ini bisa meningkatkan kualitas pembelajaran peserta didik
Tidak tersedia versi lain