Text
Penerapan Model Pembelajaran Ekspositori Terhadap Peningkatan Daya Ingat Siswa Pada Mata Pelajaran SKI Di MA Sumber Bungur Pakong Pamekasan.
Kata Kunci: Model Pembelajaran Ekspositori, Daya Ingat Siswa.
Proses belajar mengajar merupakan suatu proses yang mengandung serangkaian
perbuatan guru dan siswa atas dasar hubungan timbal balik yang berlangsung dalam
situasi edukatif untuk mencapai tujuan tertentu. Untuk mencapai tujuan tersebut para
pendidik, dalam hal ini guru dituntut untuk dapat mengembangkan strategi pembelajaran
yang berlangsung agar lebih inovatif dan menarik Salah satu model pembelajaran yang
sering digunakan guru adalah model pembelajaran ekspositori. Model pembelajaran
ekspositori ialah metode pembelajaran yang mengarah pada mentransmisikan siswa
secara langsung. Salah satu materi pelajaran agama yang terpenting ialah ski, dalam
pendidikan islam Salah satu sekolah yang menerapkan model pembelajaran ekspositori
ialah MA Sumber Bungur Pakong Pamekasan . karena model pembelajaran ini dipandang
sangat cocok diterapkan di kelas yang jumlah peserta didik nya sangat banyak.
Berdasarkan hal tersebut, maka ada dua permasalahan yang menjadi kajian pokok
dalam penelitian ini Pertama; Bagaimana Penerapan model pembelajaran ekspositori
terhadap peningkatan daya ingat siswa pada mata pelajaran SKI di MA Sumber Bungur
Pakong Pamekasan ? Kedua : Apa saja hambatan yang di hadapi dalam model
pembelajaran ekspositori untuk meningkatkan daya ingat siswa pada mata pelajaran SKI
di MA Sumber Bungur Pakong Pamekasan ?.
Penelitian ini menggunakan pendekata kualitatif dengan Jenis deskriptif. Sumber
data yang diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informannya
adalah guru SKI dan siswa di MA Sumber Bungur Pakong Pamekasan. Sedangkan
pengecekan keabsahan data dilakukan melalui triangulasi dengan teknik metode
observasi, wawancara dan dukumentasi
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pertama, Penerapan model pembelajaran
ekspositori terhadap peningkatan daya ingat siswa pada mata pelajaran SKI di MA
Sumber Bungur Pakong Pamekasan dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut:
1). persiapan siswa untuk menerima pelajaran 2.) Presentasi subjek sesuai dengan
persiapan yang telah dilakukan dengan memanfaatkan media pembelajaran dan buku
paket sebagai tambahan refrensi untuk siswa, 3) Korelasi (correlation) Langkah korelasi
adalah apa yang menghubungkan pengalaman material atau dengan hal-hal lain, 4).
Menyimpukan hasil pembelajaran untuk memperkuat daya ingat siswa. 5). Penerapan
(application) lngkah Aplikasi ini adalah tahap kemampuan siswa setelah mereka mendengarkan
penjelasan guru. Melalui tahap ini, guru akan dapat mengumpulkan informasi tentang materi dan
pemahaman siswa. Kedua, Hambatan dalam penerapan model pembelajaran ekspositori
untuk meningkatkan daya ingat siswa pada mata pelajaran SKI di MA Sumber Bungur
Pakong Pamekasan yaitu: 1). Sarana dan prasarana kurang memadai, 2). Siswa sulit
memahami materi, 3). Siswa sering ngantuk dan kurang memperhatikan penjelasan guru
atau berbicara sendiri
Tidak tersedia versi lain