Text
, Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Toleransi dan Cinta Damai Dalam Seni Bela Diri Pencak Silat Pagar Nusa Di Pondok Pesantren AlFudhola’ Pamekasan
Kata Kunci : Nilai-nilai, Pendidikan Karakter, Pencak Silat
Pendidikan karakter merupakan suatu pondasi bangsa yang sangat penting
dan perlu ditanamkan sejak dini kepada anak-anak seperti yang dilaksanakan oleh
Pondok Pesantren Al-Fudhola’ Pamekasan. Pesantren yang berada di Kecamatan
Pademawu ini memberikan kesempatan kepada santrinya untuk mengembangkan
kompetensinya. Salah satunya dalam seni bela diri pencak silat.
Terdapat tiga fokus pada penelitian ini: 1. Bagaimana gambaran
pelaksanaan Program seni bela diri Pagar Nusa di Pondok Pesantren Al-Fudhola’
Pamekasan? 2. Apa saja bentuk Nilai-nilai pendidikan karakter Tolerasi dan Cinta
Damai dalam program seni bela diri pencak silat Pagar Nusa di Pondok Pesantren
Al-Fudhola’ Pamekasan? 3. Bagaimana Implementasi Nilai-nilai pendidikan
karakter Toleransi dan Cinta Damai dalam program seni bela diri pencak silat Pagar
Nusa bagi santri di Pondok Pesantren Al-Fudhola’ Pamekasan?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian di
Pondok Pesantren Al-Fudhola’ Pamekasan. Pengumpulan datanya menggunakan
metode observasi non partisipan, wawancara semi terstruktur dan dokumentasi.
Analisis data meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Pengecekan keabsahan data dengan menggunakan triangulasi sumber dan metode.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) gambaran pelaksanaan memiliki
tiga tahapan kegiatan pelaksanaan yaitu: kegiatan pembuka, kegiatan inti, kegiatan
penutup. 2) Bentuk nilai-nilai pendidikan karakter toleransi yaitu, belajar dalam
perbedaan, membangun saling percaya, memelihara saling pengertian,
menjungjung tinggi saling menghargai. Kemudian Bentuk nilai-nilai pendidikan
cinta damai yaitu, senyum, salam, sapa, sopan dan santun ketika bertemu dengan
pelatih atau temannya ketika datang waktu latihan. Sedangkan 3) Implementsi dari
nilai-nilai pendidikan karakter toleransi ialah sikap membolehkan atau membiarkan
ketidak sepakatan dan tidak menolak pendapat, sikap, ataupun gaya hidup yang
berbeda dengan pendapat, sikap, dan gaya hidup sendiri. Sedangkan Implementsi
dari nilai-nilai pendidikan karakter cinta damai ialah pendidikan karakter cinta
damai membentuk pribadi yang bermoral. Sehingga merosotnya moral yang dapat
menyerang peserta didik sejak dini mampu untuk dicegah dan diatasi dengan
pendidikan karakter cinta damai.
Tidak tersedia versi lain